.

Dialog di Perkumpulan Gerakan Kebangsaan: HMI, Intelektualisme dan Aktivisme yang Harus Berkelanjutan

 


KONFRONTASI- Dalam dialog di markas Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) semalam,  Ketua Umum PB-HMI Bagas Kurniawan mengatakan pembangunan ekonomi  dan program beasiswa pendidikan tinggi lanjutan masih berpihak pada kelas  menengah ke atas yang mapan, dan makin tidak adil bagi kaum masyarakat bawah. Dalam hal ini,  Tokoh Gerakan Kebangsaan dan Mantan Ketua Fraksi Bintang Reformasi di DPR-RI Bursah Zarnubi dan akademisi Universitas Paramadina Herdi Sahrasad  mengingatkan bahwa tradisi intelektualisme dan aktivisme HMI harus diperkuat dan semestinya tidak boleh memudar, dan harus diperdalam secara berkelanjutan sebab HMI bukan organisasi politisi/bisnis melainkan organisasi perjuangan bagi  kaum muda dan terpelajar untuk memimpin masyarakat  yang lemah dan tertindas,  dalam menapak ke depan.





‘’ HMI adalah organisasi untuk menggembleng para pemimpin muda menuju masa depan,  harus  kuat tradisi intelektualisme dan aktivismenya, jangan praktis-pragmatis semata sebab akan melemah dan merosot. Saya menyadari bahwa pesan ini masuk telinga kanan keluar telinga kiri di kalangan HMI, tapi harus kusampaikan.Sejaran Islam adalah sejarah perjuangan bagi kemanusiaan, keadilan dan kebebasan, ’’kata Bursah Zarnubi,  putra Palembang dan mantan Ketua HMI Jakarta yang dipenjara Orde Baru.

‘’ Apapun masalahnya, apapun kesulitannya, Tanpa tradisi intelektualisme & aktivisme yang kuat tak akan muncul Prof Nurcholish Madjid, Prof Lafran Pane dan Buya Prof Ahmad Safii Maarif, semuanya hidup sahaja dan menjadi obor menuju modernisasi dan perubahan serta berjuang bagi keadilan, kemanusiaan (Humanisme) dan demokrasi,’’ kata Herdi Sahrasad, associate professor pada Sekolah Pasca Sarjana Universitas Paramadina yang di masa silam, biasa direpresi/diintimidasi Orde Baru.

Dalam dialog di markas Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Jatibening itu, ditegaskan bahwa prinsip-prinsip utama demokrasi yang paling penting harus diperkuat yakni tegaknya rule of law, kebebasan, checks and balances, pembangunan ekonomi yang adil dan inklusif,  keadilan social dan kesejahteraan umum, dan kemerdekaan  rakyat dari segala tekanan/represi dalam memperjuangkan setiap penyampaian aspirasi.

‘’ HMI harus bersikap kritis dan tumbuh kuat sesuai khittahnya, NDP yang disusun Nurcholish Madjid. Ingat, yang abadi adalah perubahan itu sendiri,’’kata Herdi Sahrasad, mantan aktivis PB-HMI yang juga aktif bergumul di Indonesian Democracy Monitor (INDEMO) dan GP Ansor.

Bagi Bursah dan Sahrasad, keduanya tak pernah memikirkan masa depan mau jadi apa, dan menjalani hidup untuk menjadi dirinya sebagaimana apa adanya. ''Jangan silau pada harta dan kuasa, yang bikin banyak elite pada korupsi. Yang wajar aja,''kata Bursah.

''Iman, ilmu dan amal  sangatlah krusial dan mendasar untuk jadi pegangan kita semua,''ujar Sahrasad. 

(kf)

 

 

Nama

EKBIS,3306,ENGLISH,1334,FEED,34349,FOKUS,4329,GLOBAL,8916,HIBURAN,1922,HUKUM,3262,IPTEK,3754,NASIONAL,13322,OLAHRAGA,2047,OPINI,1250,POLITIK,3417,PROMOTE,4,RAGAM,9395,RELIGI,673,Z,29504,
ltr
item
Konfrontasi: Dialog di Perkumpulan Gerakan Kebangsaan: HMI, Intelektualisme dan Aktivisme yang Harus Berkelanjutan
Dialog di Perkumpulan Gerakan Kebangsaan: HMI, Intelektualisme dan Aktivisme yang Harus Berkelanjutan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgRoTfz81oCaE0bSD21oO3eUWc2o8lHj3HURtCoCcqnJkqdJy0xRDWIEOPcm1u0xR-IGck0gh2fHk1ZA78MsAzoNCreW9EkXvpatbq0p54_W-vZBWYhpQ79ipdz3USNCfbn4-MGS10HjQsBuCBILbvwoWQnbevFDVxgrGh2dD5kUierNOYvMxMVk0zgSoWk
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgRoTfz81oCaE0bSD21oO3eUWc2o8lHj3HURtCoCcqnJkqdJy0xRDWIEOPcm1u0xR-IGck0gh2fHk1ZA78MsAzoNCreW9EkXvpatbq0p54_W-vZBWYhpQ79ipdz3USNCfbn4-MGS10HjQsBuCBILbvwoWQnbevFDVxgrGh2dD5kUierNOYvMxMVk0zgSoWk=s72-c
Konfrontasi
https://www.konfrontasi.com/2024/03/dialog-di-perkumpulan-gerakan.html
https://www.konfrontasi.com/
https://www.konfrontasi.com/
https://www.konfrontasi.com/2024/03/dialog-di-perkumpulan-gerakan.html
true
7622946317735281371
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy