.

Pesan Moral Hariman Siregar pada Peringatan 49 Tahun Malari 2023 itu masih Bergema sampai Hari ini: Jangan Ada Perpanjangan Masa Jabatan Presiden


KONFRONTASI- Sampai hari ini, pesan moral Tokoh Gerakan Mahasiswa Malari 1974 dr Hariman Siregar terus bergaung/bergema di masyarakat: Agar jangan ada Perpanjangan masa Jabatan Presiden dan Penundaan Pemilu oleh rezim  saat ini (Jokowi). ‘’Jangan, itu tidak baik dan merusak demokrasi, jangan melanggar konstitusi dan merusak kepercayaan rakyat.’’kata Hariman Siregar.

Tokoh legenda gerakan mahasiswa Dr Hariman Siregar, tokoh gerakan mahasiswa 1977/78  DR Rizal Ramli, tokoh gerakan mahasiswa 1980-an Bursah Zarnubi dkk pada peringatan 49 Tahun Malari pekan lalu di Jakarta menegaskan pesan ke masyarakat agar terus pertahankan Demokrasi, Perjuangkan Demokrasi. menolak Perpanjangan Jabatan Presiden dan Penundaan Pemilu oleh rezim Jokowi.  Agar rakyat  bebas dari otoriterisme kekuasaan yang  korup dan merusak kehidupan berbangsa bernegara.












Seharusnya setiap presiden itu mendorong agar demokrasi menjadi lebih matang dan karenanya presiden harus memberi arahan yang focus  untuk pendewasaan dan kematangan demokrasi itu.

Peristiwa Malari (Malapetaka 15 Januari) tahun 1974 adalah hari di mana terjadi kerusuhan di Jakarta yang berkaitan dengan kedatangan PM Jepang Tanaka. Gerakan Mahasiswa yang dipelopori Hariman Siregar, Ketua Umum Dewan Mahasiswa UI saat itu, menolak kedatangan PM Jepang dengan alasan Indonesia jangan terlalu bergantung kepada modal asing dan strategi pembangunannya harus fokus pada pemerataan, partisipasi rakyat dan keadilan social, bukan semata pertumbuhan .

Itu adalah kejadian 49 tahun lalu. Peringatan Malari  yang bersamaan dengan HUT ke-23 Indemo (Indonesia Demokrasi Monitor) yang digelar di TIM pada Senin 16 Januari 2023, kembali menggaungkan pesan moral:
pertahankan Demokrasi, Perjuangkan Demokrasi. menolak Perpanjangan Jabatan Presiden dan Penundaan Pemilu oleh rezim Jokowi.  Agar rakyat  bebas dari otoriterisme kekuasaan yang  korup dan merusak kehidupan berbangsa bernegara.


\









Bursah Zarnubi, pendiri Humanika yang memimpin acara itu mengatakan bahwa tema peringatan acara hari ini adalah Menolak Lupa: Pertahankan Demokrasi. . Ratusan aktivis dari berbagai angkatan dan daerah hadir memadati ruangan.

Tema itu menjadi sangat penting karena saat ini ada upaya-upaya yang  mau menyelewengkan demokrasi. Ide penundaan pemilu dan perpanjangan tiga periode masa jabatan Presiden saat ini kembali digaungkan elite istana dan jaringannya. Menurut Bursah, siapa yg menginginkan perpanjangan jabatan adalah mau merusak demokrasi.

 ‘’ Penundaan pemilu dan perpanjangan  masa jabatan Presiden jelas menabrak konstitusi, berwatak anti-Konstitusionalisme.  Saya ingatkan, sekali lancung di ujian, pemerintah Jokowi bakal kehilangan kepercayaan,’’ imbuh Dr Herdi Sahrasad, dosen/akademisi Universitas Paramadina/ aktivis Indemo .
Menguatkan tema tersebut, pelaku utama Peristiwa Malari Hariman Siregar juga merasa aneh ada keinginan tiga periode dan menunda pemilu dengan alasan ngga ada duit. Kalau ngga ada duit kenapa malah bangun IKN? Hariman menceritakan saat menjumpai Bung Hatta bahwa yang dimaksud dapat dipilih kembali dalam UUD 1945 asli itupun semangatnya adalah dua periode.
 
Karena itu Hariman merasa aneh saat mendapat info bahwa Jokowi masih mau lagi setelah 2024 nanti.

Dalam kesempatan itu juga, akademisi Ilmu Politik Dr. Sidratahta Mukhtar, mengatakan bahwa perpanjangan masa jabatan presiden itu adalah ancaman dalam konsolidasi demokrasi.

Seharusnya setiap presiden itu mendorong agar demokrasi menjadi lebih matang dan karenanya presiden harus memberi arahan untuk kematangan demokrasi itu. Hal ini pernah dilakukan oleh Presiden BJ Habibie
dan Gus Dur.

Ekonom senior/tokoh nasional DR Rizal Ramli (RR) mengingatkan agar  kelompok yang bernafsu lakukan perpanjangan  masa jabatan tidak meneruskan ambisi dan hasrat politik kotornya itu.

‘’ Di-roasting Mbak Megawati supaya stop Makar Konstitusi, stop perpanjangan masa jabatan, tapi gerombolan makar terus bergerilya. Pakai big data lah, pakai pollingRP berbayar, pakai Kades-kadeslah. Partitur Makar sudah siap, penyanyi polling, bandar sudah siap,’’ kata RR, Menko Ekuin Presiden Gus Dur dan mantan aktivis ITB yang konsisten  mengusung Trisakti Presiden Soekarno.

 (berbagai sumber)

Nama

EKBIS,2135,ENGLISH,832,FEED,17349,FOKUS,2454,GLOBAL,5306,HIBURAN,1266,IPTEK,2339,NASIONAL,8344,OLAHRAGA,1339,OPINI,758,PROMOTE,3,RAGAM,7576,RELIGI,358,Z,14763,
ltr
item
Konfrontasi: Pesan Moral Hariman Siregar pada Peringatan 49 Tahun Malari 2023 itu masih Bergema sampai Hari ini: Jangan Ada Perpanjangan Masa Jabatan Presiden
Pesan Moral Hariman Siregar pada Peringatan 49 Tahun Malari 2023 itu masih Bergema sampai Hari ini: Jangan Ada Perpanjangan Masa Jabatan Presiden
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEigBjWYNumUZJRXsW8l9hNTLtnGcYSdiM0gTqQJJtZcWMqBFeZYltznsBVu1eKeVgehMxU9wIkbhrexKgwgomup5wuHvdkozMuFKGyAyopi28DJMpDMWJqFEcNmd8icV5i2X1BaC0jfr9AQBaUfbrHfkF0SG1bOihJynm1GCgOd9nr25cp7v88RxBr8aA
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEigBjWYNumUZJRXsW8l9hNTLtnGcYSdiM0gTqQJJtZcWMqBFeZYltznsBVu1eKeVgehMxU9wIkbhrexKgwgomup5wuHvdkozMuFKGyAyopi28DJMpDMWJqFEcNmd8icV5i2X1BaC0jfr9AQBaUfbrHfkF0SG1bOihJynm1GCgOd9nr25cp7v88RxBr8aA=s72-c
Konfrontasi
https://www.konfrontasi.com/2023/01/pesan-moral-hariman-siregar-pada.html
https://www.konfrontasi.com/
https://www.konfrontasi.com/
https://www.konfrontasi.com/2023/01/pesan-moral-hariman-siregar-pada.html
true
7622946317735281371
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy