.

Universitas Paramadina: Kampus Peradaban yang Diminati Para Artis, Kaum Pelajar dan Anak Muda



KONFRONTASI- Belakangan ini, nama Universitas Paramadina yang sahaja, didirikan intelektual Muslim terkemuka Prof DR Nurcholish Madjid PhD (mantan Ketua Umum PB-HMI, alumnus Pesantren Pondok Gontor Ponorogo, IAIN Jakarta dan Universitas Chicago, AS),   sedang menjadi pemberitaan media. Apalagi setelah terpilihnya Gubernur baru DKI Jakarta, Anies Baswedan PhD, yang kemudian jadi Capres 2024 namun kalah. Kenapa demikian? Pasalnya, Anies Baswedan adalah mantan rektor perguruan tinggi perjuangan yang terletak di jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta dengan sekitar 5000 mahasiswa tersebut.

Cak Nur (Nurcholish Madjid) adalah salah satu eksponen dari generasi “santri baru” yang lahir di akhir dekade 1960-an. Generasi ini, sebagaimana disebut M. Deden Ridwan dalam Neo Modernisme Islam (2002), tercirikan oleh komitmen mereka pada dakwah Islam secara kultural. 

Mereka mengambil jarak dari generasi “santri lama” yang menekankan perjuangan melalui partai politik dan ideologi. Gagasan-gagasan keislaman generasi santri baru ini bertitik kisar pada semangat kemodernan dan lebih cair. Tidak seperti para pendahulu mereka yang mengelompok pada partai-partai, para santri baru datang tanpa membawa ambisi politik dan berusaha masuk ke serbaneka golongan.

Gerak mereka terutama berkisar di ranah intelektual dan kebudayaan. “Sebuah Islam yang terdistribusikan secara bebas ke pelbagai kelompok sosial-politik di Indonesia, dengan atau tanpa bendera Islam. Atau seperti ucapan Nurcholish Madjid sendiri, yaitu sebuah Islam yang bukan cuma milik golongan tertentu. Dan inilah mungkin inti slogan yang pernah dilontarkan Nurcholish di 1970-an:'' Islam Yes, partai Islam No,” tulis Deden (hlm. 10).

''''Dengan manajemen yang solid dan profesional, civitas akademika yang capable dan berdedikasi tinggi yang didominasi oleh para tokoh muda; saya yakin, di masa mendatang Universitas Paramadina akan mampu mewujudkan impiannya menjadi “a World Class University”, kata Ketua Yayasan Paramadina Hendra Martowardoyo MBA.

KH Achmad Siddiq, Rais Aam PBNU periode 1984-1991, bersama KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur duduk di samping Nurcholish Madjid (Cak Nur, tengah). (Foto:dok/ngopibareng.id) 

Putri Cak Nur ' Nadia Madjid, Mbak Omi Madjid', Prof Emil Salim, Dr Akbar Tanjung, Sudhamek dan keluarga besar Paramadina







Bima Arya PhD yang kini menjabat sebagai Wali Kota Bogor, juga adalah seorang dosen Ilmu Hubungan Internasional di kampus perjuangan tersebut, dan beberapa orang penting lainnya.

Nah, berikut ini adalah deretan mahasiswa-mahasiswi serta para alumni sekolah perjuangan Universitas Paramadina yang terjun sebagai aktor dan aktris:

1. Nabila Syakieb, Ilmu Komunikasi




11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Nabila Syakieb

2. Luna Maya, Hubungan Internasional



11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Luna Maya

3. Zaskia Adya Mecca, Ilmu Psikologi




11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Zaskia Adya Mecca

4. Rosiana Barbie, Hubungan Internasional



11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Rosiana Dewi

5. Herjunot Ali, Ilmu Komunikasi



11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Herjunot Ali

6. Putri Bilanova 'Mahadewi', Hubungan Internasional




Putri Bilanova

7. Muhammad Fardhan Khan, Manajemen



11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Fardhan Khan

8. Rangga Azof, Ilmu Komunikasi



11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Azof Rangga

9. Maria Lynch Heckenbücker, Ilmu Komunikasi



11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Maria Lynch

10. Moreno Soeprapto, Hubungan Internasional



11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Moreno

11. Ashanty, Hubungan Internasional



11 Foto Ini Bukti Bahwa Universitas Paramadina Adalah Kampus Artis!Ashanty

12.Ririn Dwi Ariyanti, Ilmu Komunikasi



Ada lagi alumnus Paramadina yakni Tsamara Amany yang meraih Fulbright scholarship mengambil MA di New York University, kemudian menikah dengan Prof Ismail Fajrie Alatas, yang merupakan seorang akademisi dengan pengalaman di bidang kajian agama-sosial, dan  sekarang berprofesi sebagai dosen di New York University, AS. 






Di halaman UGM, Prof  Ismail Fajrie Alatas bersama akademisi UGM, Universitas Paramadina, UI dan Malikussaleh Aceh


(berbagai sumber/konfr/tirto.id)

 

 

Nama

EKBIS,3306,ENGLISH,1334,FEED,34351,FOKUS,4329,GLOBAL,8916,HIBURAN,1922,HUKUM,3263,IPTEK,3755,NASIONAL,13322,OLAHRAGA,2047,OPINI,1250,POLITIK,3417,PROMOTE,4,RAGAM,9395,RELIGI,673,Z,29506,
ltr
item
Konfrontasi: Universitas Paramadina: Kampus Peradaban yang Diminati Para Artis, Kaum Pelajar dan Anak Muda
Universitas Paramadina: Kampus Peradaban yang Diminati Para Artis, Kaum Pelajar dan Anak Muda
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi2YcEF5kghxm1reeCAyDg1nLTMTiOh7eMxxeqbZOxc-NEgByaQAY5cnPf7gZxGVl8IvGvr402PA7ld8DohantWofelD160BGKyB4irJpJtZU7DwdBMUiQtxX7b3HrtRgJYWPguEE12dTkdDQmcuYaCv2fjB0xi-u4q8etQPxUKr-Lm1jmh-kM6cgnEzw=rw
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi2YcEF5kghxm1reeCAyDg1nLTMTiOh7eMxxeqbZOxc-NEgByaQAY5cnPf7gZxGVl8IvGvr402PA7ld8DohantWofelD160BGKyB4irJpJtZU7DwdBMUiQtxX7b3HrtRgJYWPguEE12dTkdDQmcuYaCv2fjB0xi-u4q8etQPxUKr-Lm1jmh-kM6cgnEzw=s72-c-rw
Konfrontasi
https://www.konfrontasi.com/2024/03/universitas-paramadina-kampus-peradaban.html
https://www.konfrontasi.com/
https://www.konfrontasi.com/
https://www.konfrontasi.com/2024/03/universitas-paramadina-kampus-peradaban.html
true
7622946317735281371
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy