Skip to main content
x
Mantan Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown

WHO Tunjuk Mantan PM Inggris Gordon Brown Jadi Dubes Kesehatan, Ditugaskan Galang Dana dari Negara-negara Kaya

KONFRONTASI-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memilih mantan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown sebagai dutabesar untuk pembiayaan kesehatan global.

Dengan jabatan barunya itu, Brown ditugaskan untuk mengajak negara-negara kaya, khususnya G7 dan G20, untuk bekerja mencegah wabah di masa depan.

"Saya senang dan merasa terhormat bahwa Gordon Brown telah setuju untuk melayani sebagai dutabesar untuk pembiayaan kesehatan global," ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Minggu (19/9).

Tedros mengatakan Brown merupakan seorang pemimpin yang dapat membentuk dan mendorong investasi masa depan yang kuat dan adil dalam hal kesehatan masyarakat global

"Sebagai seorang teman lama Gordon, saya tahu bahwa dia akan membawa kecerdasannya yang tajam, komitmen tegas, dan rasa keadilan yang mendalam kepada duta besar ini," tambahnya.

Mendapatkan jabatan tersebut, Brown mengatakan ia akan fokus pada pembiayaan kampanye vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia, serta melindungi negara-negara termiskin dari dampak pandemi.

"Tugas langsung kami adalah bekerja bersama untuk membiayai vaksinasi seluruh dunia dan melindungi negara-negara termiskin dari efek mengerikan Covid-19 dan penyakit lainnya," tegasnya.

Brown merupakan Perdana Menteri Inggris dan Pemimpin Partai Buruh periode 2007-2010, Kanselir Feachequer dari 1997-2007. (mr/rm)