Skip to main content
x

Tak Diundang Partai Republik, Donald Trump Tak Laku Jadi Kandidat Presiden di Pemilu 2024

Konfrontasi - Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45 Donald Trump tak lagi diminati untuk diusung dalam kontestasi Pemilu 2024. Trump sejatinya masih memiliki peluang untuk menjabat, karena batas maksimal jabatan presiden di AS adalah dua periode.

Indikasi Trump tidak lagi diminati muncul dari kegiatan penjaringan yang digelar Partai Republik, di sebuah hotel di Texas, pada pekan depan. Partai Republik menyodorkan delapan nama kandidat yang nantinya bakal berpidato. Nama Trump tidak termasuk di dalamnya.

Hal itu dipastikan oleh seorang sumber kepada Reuters, yang membeberkan kegiatan acara tersebut pada Jumat (30/4/2021). Sumber itu melanjutkan pula bahwa Trump sama sekali tidak diundang dalam acara itu.

Menurut rencana, acara akan dilangsungkan di sebuah hotel di Austin pada 7 Mei. Kegiatan tersebut diselenggarakan bersama-sama oleh Senator AS John Cornyn dan Gubernur Texas Greg Abbott.

Acara itu digelar sebagai bentuk terima kasih Partai Republik kepada para donor yang membantu mendanai kampanye politik di Negara Bagian Texas. Para politisi terkenal dari Partai Republik yang sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri pada 2024, diperkirakan akan berpidato di hadapan sekitar 200 pendonor.

Mereka adalah mantan Gubernur New Jersey, Chris Christie; Senator Arkansas, Tom Cotton; Gubernur Florida, Ron DeSantis; mantan Wakil Presiden AS, Mike Pence, dan; mantan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. Selain itu para senator AS yakni Marco Rubio, Tim Scott, dan Rick Scott, juga akan menyampaikan pidato.

Menurut sumber itu, Trump tidak diundang ke Texas. Sementara, mantan Gubernur Carolina Selatan, Nikki Haley, diundang, tetapi tidak dapat hadir.

Trump sebelumnya pernah mengisyaratkan ikut serta dalam Pemilihan Pilpres AS 2024. Hal itu disampaikannya dalam pidato Conservative Political Action Conference (CPAC) di Orlando, Florida, Minggu (28/2/2021).

“Gerakan kami yang membanggakan, para patriot AS dan pekerja keras, baru saja dimulai dan pada akhirnya kami akan menang. Kami akan menang,” ujar Trump, dalam penampilan publik pertamanya sejak lengser itu. (inw/mg)

NID
194733