Skip to main content
x

Rusia Wajibkan Facebook-Twitter Miliki Database Lokal

KONFRONTASI-Regulator komunikasi Roskomnadzor atau Layanan Federal untuk Pengawasan Komunikasi, Teknologi Informasi, dan Media Massa, pada Rabu (26/5) mengeluarkan pernyataan bahwa jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter harus memiliki basis data pengguna Rusia yang disimpan di Rusia mulai 1 Juli atau mereka akan menghadapi denda.

Moskow sendiri telah mengeluarkan hukuman berupa denda pada Selasa (25/5) kepada Google dan Facebook karena gagal menghapus konten yang dianggap ilegal. Twitter bahkan telah mendapat hukuman sejak Maret.

Wakil kepala Roskomnadzor, Milos Wagner, mengatakan, regulator telah memberi tahu raksasa IT itu bahwa mereka perlu mematuhi persyaratan itu.

"Pada 1 Juli, Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya harus memastikan data pengguna Rusia disimpan di Rusia," ujar Wagner pada presentasi di pertemuan tersebut, seperti dikutip dari Interfax, Rabu (26/5).

Ia menekankan, perusahaan IT itu harus memberikan laporannya pada 1 Juli apakah mereka telah memenuhi persyaratan itu.

Undang-undang tentang data pribadi mewajibkan perusahaan domestik dan asing untuk menyimpan data pribadi warga negara Rusia hanya di wilayah Federasi Rusia. Persyaratan ini berlaku untuk perusahaan asing yang tidak memiliki keberadaan fisik di Rusia tetapi melakukan aktivitas di wilayah negara tersebut.

Jika perusahaan tidak mampu memenuhi persyaratan tersebut maka mereka akan dikenakan sanksi denda mulai dari 1 juta hingga 6 juta rubel (atau sekitar 82.000 dolar AS) dan pelanggaran berulang akan dihukum dengan denda mulai dari 6 juta hingga 18 juta rubel (atau sekitar 250.000 dolar AS).

Dalam pernyataannya Roskomnadzor juga menuturkan kepada Interfax bahwa Apple, Samsung, dan PayPal, termasuk di antara lebih dari 600 perusahaan asing yang memiliki data lokal di Rusia.

 

Sedangkan LinkedIn Microsoft diblokir di Rusia setelah pengadilan menemukan mereka melanggar aturan penyimpanan data yang disahkan pada 2015, yang mengharuskan semua data tentang warga Rusia disimpan di dalam negara itu.(mr/tar)

NID
195588