Skip to main content
x

Rizal Ramli: Pasca Tax Amnesty Rasio Pajak Malah Ambyar. Tax Amnesty Pertama Sudah Gagal

KONFRONTASI- Terkait isu Tax Amnesty (TA) , Tokoh nasional Rizal Ramli (RR)  mengingatkan bahwa Tax Ratio terendah dalam sejarah sudah terjadi, dan tidak ada perbaikan pada rasio pajak.

''Dibandingkan dengan negara-negara tetangga,  pasca tax amnesty rasio pajak malah ambyar" kata RR, Menko Ekuin Presiden Gus Dur.

''Pengelolaan fiskal/APBN yang amburadul, sama sekali tidak prudent,''katanya lagi.

Rizal Ramli, Capres Yang Bersuara Di Forum Dunia

 Mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim itu pernah menilai, wacana pengampunan pajak atau tax amnesty jilid II sebagai hal yang sangat sia-sia. Pasalnya, menurut dia, program tax amnesty sebelumnya sudah gagal.

"Ada ide lagi tax amnesty kedua, ini benar-benar konyol. Yang pertama saja gagal total," kata Rizal saat di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin, 12 Agustus 2019 yang silam

Menurut Rizal kegagalan ini terbukti karena tidak dapat menggenjot rasio pajak atau tax ratio. Berdasarkan data yang dia paparkan, tax ratio dari tahun 2010 sampai 2018 terus menurun, dari 9,52 persen menjadi 8,85 persen.

Senada dengannya, Ekonom Dr Anthony Budiawan menuturkan,'' Kasihan Pak Presiden dibisiki yang salah lagi. Tax Amnesty (TA) Pertama gagal total sebagai kebijakan negara. Target rasio pajak menjadi 14,6% pada 2019 ternyata hanya 9,8%. Pertumbuhan ekonomi tetap rendah. Tapi TA sukses bagi pemilik uang gelap,'' kata Anthony..

Karena, ujarnya,  para ‘kriminal pajak’ akan terus kemplang pajak dan menunggu TA. Para pengumpul uang gelap dan uang kotor akan semakin berani melakukan praktek kriminalnya karena dapat diputihkan. Presiden wajib curiga kepada pembisiknya ini mau menjerumuskan Presiden dan Indonesia. 

Sebagai info, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berkirim surat ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk merevisi Undang-undang (UU) Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) dan tata cara perpajakan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan salah satu yang akan dibahas adalah mengenai pengampunan pajak alias tax amnesty.

 

NID
195354