Skip to main content
x

Pyongyang Butuh Senjata Nuklir Hadapi Ancaman Washington

KONFRONTASI - Duta Besar Korea Utara di kantor PBB di Jenewa hari Sabtu (3/3/) seraya menjelaskan pergerakan militer Amerika sangat berbahaya menegaskan, Pyongyang siap menghadapi Washington.

Menurut laporan IRNA, Han Tae Song dalam Konferensi Pelucutan Senjata di Jenewa mengingatkan bahwa ancaman militer dan nuklir Amerika terhadap Korea Utara mengakibatkan peningkatan tensi di Semenanjung Korea dan kawasan Asia Timur.

"Pyongyang membutuhkan senjata nuklir guna menghadapi ancaman Amerika," ujar Dubes Korut di kantor PBB di Jenewa.

Han Tae Song menjelaskan bahwa Amerika dan sekutunya menggunakan Dewan Keamanan PBB sebagai alat penekan terhadap Pyongyang.

Korea Utara di bulan-bulan terakhir berkali-kali mendapat tekanan dan sanksi dari Dewan Keamanan PBB dan Uni Eropa atas lobi Amerika dengan alasan Pyongyang melakukan uji coba rudal dan nuklir.

Washington dan sekutunya yang sangat berperan pada meningkatnya tensi di Semenanjung Korea senantiasa menuntut Korea Utara menghentikan uji coba militer dan nuklir, tapi Pyongyang selama ini menegaskan selama Amerika dan sekutunya melanjutkan ancamannya terhadap Korea Utara, negara ini akan melanjutkan upaya memperkuat militer dan serangan preemptive.[pars/ian]

NID
134677