Skip to main content
x

Petani di Poso Tewas Diduga Dibacok Kelompok Teroris MIT

KONFRONTASI -   Seorang petani di Desa Sangginor, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah bernama Agus Balumba (45) ditemukan meninggal dunia. Ia diduga menjadi korban pembunuhan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT)

Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, jasad Agus ditemukan pada Minggu (9/8/2020) dalam keadaan meninggal dengan luka bacok di leher.

"Jasad korban Agus Balumba dalam keadaan meninggal dunia dengan posisi menyamping dengan luka bacok di bagian leher dan bagian punggung belakang sebelah kanan," kata Didik dalam keterangan tertulisnya.

Didik menjelaskan, peristiwa itu bermula ketika Agus bersama rekannya Arjuna Patoro pada Sabtu 8 Agustus 2020 pergi kebun untuk menjaga kebun jagung. Namun, lokasi kebun tersebut telah dikepung kelompok MIT dan mereka langsung ditangkap.

Kelompok teroris tersebut kemudian meminta keduanya untuk menggambarkan jalan menuju sebuah daerah atau Desa Sulewana. Mereka juga sempat bertanya keberadaan petugas kepolisian.

"(Korban) menjelaskan dengan menggambar di atas tanah peta arah jalan ke Sulewana, selang beberapa saat (pelaku) memukul Agus Balumba di bagian belakang leher," kata Didik.

Melihat rekannya dipukul, Arjuna kemudian melarikan diri dan mendengar suara tembakan sebanyak satu kali. Ia pun berhasil kabur dan menyelinap di antara semak-semak hingga bermalam satu hari.

Sekira pukul 06.00 WITA Arjuna kembali ke kampung dan bertemu dengan warga Desa Sangginora. "Setelah diperlihatkan (gambar) kelompok DPO MIT, (Arjuna) menunjuk (di lokasi terdapat) DPO Ali Kalora memegang senjata api laras panjang," ungkap Didik.

Kemudian berdasarkan laporan tersebut Tim Gabungan Satgas I Tinombala, BIN, bersama 5 warga desa melakukan pengecekan terhadap keberadaan Agus Balumba di wilayah perkebunan dan menemukan jasad Agus.

"Korban menggunakan baju kaos (partai) warna ungu dan celana pendek warna hitam," ungkapnya.

Setelah itu, tim dibantu warga mengevakuasi korban turun dari atas kebun dan dibawa ke Desa Sangginora.

"Sementara tim gabungan sedang mengikuti jejak DPO yang turun dari perkebunan Tahiti menuju ke perkebunan temu, selanjutnya perkebunan rano-rano," jelas Didik.

Adapun jenazah korban sendiri kini sudah tiba di rumah duka Keluarga Balumba Kumpa Desa Sangginora, Kecamatan,Poso Pesisir Selatan, Kabubaten Poso. "Selanjutnya pihak keluarga beserta bidan desa melakukan pembersihan terhadap tubuh jenazah Agus Balumba, " tandasnya.(Jft/OKENEWS)

NID
184333