Skip to main content
x

Obyektif, Rizal Ramli Puji Penurunan Pandemi Covid-19

KONFRONTASI -   Penurunan penyebaran Covid-19 di Indonesia diapresiasi Tokoh Nasional Rizal Ramli. Menurutnya, Pemerintah belajar banyak dari kegagalan awal menangani pandemi.

“Covid di DKI sudah terkendali, dapat dilihat dari indikator kasus baru, tingkat kematian dan lain-lain,” kata Rizal di Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Ia pun salut pada kinerja Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Selain itu, Rizal juga mengacungi jempol kinerja Menkes Budi Sadikin, Menlu Retno yang melobi vaksin dari luar negeri dan Menko Maritim Investasi Luhut Binsar Panjaitan (LBP) yang memimpin penanganan Covid-19.

Tapi, yang harus dicatat, di luar DKI, banyak pertanyaan soal kualitas data. Sehingga penanganan Covid-19 di daerah harus lebih diperbaiki.

“Kemajuan (penanganan pandemi) itu setelah setahun tidak efektif, setelah 130.000 korban dan 2000 nakes (tenaga kesehatan) meninggal, setelah Rp1.035 trilliun ‘ndak’ jelas,” beber Rizal.

“Pelajaran sangat berharga, dampak kemanusian dan sosial yang sangat besar. ‘What missing, someone say sorry’,” tandas Rizal.(Redaksi2/kedaipena)