Skip to main content
x

Menhan AS ke Filipna,Singapura dan Vietnam, namun kenapa tidak Berkunjung ke Indonesia?

KONFRONTASI- Amerika Serikat di bawah Presiden Joe Biden ingin memperkuat perlunya peran AS di kawasan di mana China memiliki pengaruh yang cukup besar sebagai mitra dagang yang dominan, tetapi hubungan yang buruk sebagai akibat dari kegiatan militernya di Laut China Selatan.Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berkunjung ke Filipina, Singapura dan Vietnam untuk memperkuat kerjasama pertahanan AS dan ASEAN di Asia Tenggara. Namun kenapa Menhan AS tidak berkunjung ke Indonesia sebagai negeri terbesar di Asia Tenggara?

Dalam kaitan ini, Presiden Filipina Rodrigo Duterte memulihkan perjanjian yang mengatur kehadiran pasukan AS di Filipina. Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengungkapkan hal itu Jumat (30/7/2021).

Joe Biden tunjuk Lloyd Austin sebagai menteri pertahanan (menhan) AS. Ia adalah jenderal kulit hitam pertama yang akan memimpin Pentagon.

Menhan AS Austin

“Izinkan saya berterima kasih kepada Presiden Duterte atas keputusannya untuk sepenuhnya memulihkan perjanjian pasukan asing,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Jumat  (30/7) dalam konferensi pers bersama dengan mitranya dari Filipina, Delfin Lorenzana. Perjanjian The Visiting Forces Agreement (VFA) mengatur rotasi ribuan tentara AS masuk dan keluar Filipina untuk latihan dan latihan perang.

Perjanjian ini sangat penting dan  dibutuhkan Amerika Serikat, yang bersama sekutunya saat ini bersaing dengan China dan  aliansi Filipina-AS akan tetap penting bagi keamanan, stabilitas, dan kemakmuran Indo-Pasifik.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin pada Kamis mengatakan akan berupaya mendorong hubungan keamanan AS dengan Vietnam yang perlahan-lahan semakin dalam.

rr

Upaya penguatan hubungan di bidang keamanan antara AS dan Vietnam dilakukan karena kedua negara telah menyaksikan aktivitas China di Laut China Selatan dengan kewaspadaan yang meningkat.

Vietnam telah muncul sebagai penentang paling vokal dari klaim teritorial China di Laut China Selatan dan telah menerima perangkat keras militer dari Amerika Serikat, termasuk kapal-kapal penjaga pantai AS.

Pada Minggu (25/7), Amerika Serikat juga mengirimkan 3 juta dosis vaksin COVID-19 Moderna ke Vietnam.

Di Singapura pada Selasa (27/7), Austin mengatakan Amerika Serikat akan selalu memimpin (hubungan internasional.

Menhan AS itu emoh singgah ke Indonesia karena di mata Pentagon,  Indonesia terlalu dekat ke China Tiongkok dan  Washington memberi sinyal sangat kecewa atas kenyataan poros Jakarta-Beijinbg yang menimbulkan ketegangan di Asia yang membuat kecewa AS itu.

Analis Rizal Fadillah mencatat, AS mengerahkan pasukannya untuk Latihan Bersama "Garuda Shield"', latihan rutin tahunan antara US Army dengan TNI AD bahkan tahun ini adalah Latihan Bersama ke lima belas. Adanya ketegangan Laut China Selatan sebagai wujud perlawanan negara kawasan atas klaim kepemilikan China membuat Latihan Bersama ini menjadi istimewa. 

Ada dua ribu lebih pasukan Angkatan Darat Amerika yang datang untuk latihan perang bersama AS-Indonesia. Terbesar dalam sejarah dan berlokasi di tiga pulau yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Dan bahwa Latihan Bersama yang melibatkan 2.282 personil AS ini adalah tekanan kepada negara China dan sahabatnya. Indonesia sendiri yang sedang berakrab-akrab dengan RRC akan terdampak oleh agresivitas Amerika Serikat. Sederhananya China gerah Istana gelisah. (Rizal Fadillah 2021)

Jelas, kata para diplomat Uni Eropa di Jakarta, bahwa Menhan AS itu  ogah singgah ke Indonesia karena di mata Pentagon,  Indonesia terlalu ngeblok ke China Tiongkok dan  Washington memberi sinyal sangat kecewa atas kenyataan poros Jakarta-Beijinbg yang menimbulkan ketegangan di Asia yang membuat kecewa AS dan sekutunya itu.

(berbagai sumber/red)