Skip to main content
x

Maduro Anggap Empat Negara Ini Teman Sejati Venezuela

KONFRONTASI-Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, memberikan apresiasinya kepada Rusia, China, Iran, Dan Kuba. Bahkan, Maduro mengatakan keempat negara itu adalah teman sejati Venezuela.

Maduro menilai keempat negara itu layak disebut sebagai teman sejati karena telah memberikan bantuan yang menyeluruh di saat Venezuela terpuruk karena Pandemik Covid-19.

"Bantuan kemanusiaan datang dari China, Rusia, Iran dan Kuba. Mereka adalah teman sejati (Venezuela)," kata Maduro dalam pidato yang disiarkan stasiun TV pemerintah pada Minggu (7/6).

Maduro juga menyinggung janji Amerika yang akan memberikan bantuan senilai 20 juta dolar AS, namun janji tersebut tak pernah ditepati.

“AS menawarkan bantuan senilai 20 juta dolar AS, tetapi tidak ada satu dolar pun yang masuk," katanya seperti dikutip dari Tass, Senin (8/6).

Krisis politik di Venezuela memburuk pada 23 Januari 2019, ketika Juan Guaido, pemimpin oposisi Venezuela dan ketua parlemen, menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pada rapat umum di ibukota negara itu, Caracas. Namun penunjukannya pada posisi itu telah dibatalkan oleh Mahkamah Agung Venezuela.

Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, sebagian besar negara Uni Eropa, anggota Grup Lima (tidak termasuk Meksiko), Australia, Albania, Georgia dan Israel, serta Organisasi Negara-negara Amerika, mengakui Guaido sebagai presden.

Nicolas Maduro  mengecam langkah itu  sebagai kudeta yang dilakukan oleh Washington dan sejak saat itu ia menyatakan untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan AS.

Sebaliknya, Rusia, Belarus, Bolivia, Iran, Kuba, Nikaragua, El Salvador, Suriah dan Turki menyuarakan dukungan untuk Maduro.[mr/rm]

NID
181158