Skip to main content
x

Demo Mahasiswa Memprotes Jokowi Marak Lagi

KONFRONTASI-  Demonstrasi mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia menyampaikan 12 tuntutan kepada Presiden Jokowi di Kawasan Patung Kuda, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Oktober 2021. "Bertepatan dengan 20 Oktober 2021, tujuh tahun sudah Jokowi memimpin pemerintahan negeri ini. Namun, banyak janji-janji kampanye yang harus dipenuhi," kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Kaharuddin di kawasan silang Monas, Jakarta Pusat.

Demonstrasi diikuti lebih dari 450 mahasiswa. Tuntutan yang disampaikan, di antaranya adalah mendesak pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah pengganti untuk membatalkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Mahasiswa menuntut diberhentikannya Firli Bahuri sebagai Ketua KPK dan mengembalikan marwah lembaga itu dalam agenda pemberantasan korupsi.

Hingga siang sekitar pukul 13.00 WIB, demonstrasi masih berlangsung di Kawasan Patung Kuda, Silang Monas Jakarta Pusat.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) saat menggelar aksi unjuk rasa di sekitar Patung Kuda, Jakarta, 21 Oktober 2021. Aksi unjuk rasa ini dilakukan untuk mengkritisi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo.  TEMPO/Subekti.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) saat menggelar aksi unjuk rasa di sekitar Patung Kuda, Jakarta, 21 Oktober 2021. Aksi unjuk rasa ini dilakukan untuk mengkritisi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. TEMPO/Subekti.

Semula mahasiswa berencana demonstrasi di depan Istana Negara, namun aparat kepolisian mengarahkan untuk tetap di Kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Situasi lalu lintas sekitar lokasi demonstrasi masih berjalan lancar. Polisi hanya akan menutupan jalan secara situasional. (TEMPO.CO,)