Telah Berpulang Guru Besar FISIP UI Prof Ronny Nitibaskara Dalam Usia 77 Tahun

KONFRONTASI -   Sivitas Universitas Indonesia (UI) berduka. Salah seorang guru besar mereka dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP), Tubagus Ronny Rahman Nitibaskara, meninggal dunia pada usia 77 tahun.

"Berita duka, telah meninggal dunia Prof. Dr. Ronny R. Nitibaskara pada hari Rabu, 7 April 2021 di R.S. Hermina Ciputat," demikian pesan singkat yang dikonfirmasi Iluni UI, Rabu (7/6).

Belum diketahui penyebab meninggalnya Ronny Nitibaskara, guru besar antropologi dan kriminologi itu.

"Semoga Allah menerima segala amal ibadah beliau, mengampuni segala kesalahannya, mengangkat derajatnya dan menjadikan beliau ahli surga serta memberikan kesabaran pada keluarga yang ditinggalkan," demikian bunyi pesan yang beredar.

Prof Ronny lahir di Bandung 2 Juli 1943. Ia menamatkan pendidikan S1 di FISIP UI pada tahun 1970 di jurusan Kriminologi. 

Gelar doktor dalam bidang antropologi telah diraihnya pada tahun 1993 setelah menyelesaikan studinya di FISIP UI Jurusan Antropologi dengan tesis “Reaksi Sosial Terhadap Praktik Ilmu Hitam (Teluh) di Banten (suatu pendekatan Antropologi Kriminologi). "

Telah banyak publikasi-publikasi ilmiah yang dilakukan oleh Prof Ronny. Beberapa dari hasil karya beliau yang diunggulkan adalah Etnografi Kejahatan di Indonesia, Catatan Kriminalitas, dan Judicial Crime.

Prof Ronny juga sering menjadi narasumber di media massa.

Pada 2016 lalu, Ronny juga pernah menjadi salah satu ahli dalam sidang Jessica Kumala Wongso, terdakwa pembunuh Wayan Mirna Salihin. Saat itu kasus kopi sianida ini begitu mencuri perhatian.(Juft/KUMPARAN)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...