SBY: Presiden Indonesia Harus Bisa Terbang di Wilayah Indonesia

Konfrontasi - Pembelian sebuah pesawat kepresidenan jenis Boeing Bussiness Jet2 yang baru dibeli beberapa waktu lalu, yang sedianya dibeli untuk mempermudah kerja presiden dalam lawatannya ke sejumlah wilayah. Membuat mantan presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedikit mencurahkan hatinya terkait besarnya peran yang ia lakoni untuk mendapatkan pesawat tersebut.

Di laman Facebook-nya, Jumat 26 Desember 2014, ia menepis anggapan beberapa pihak yang menyebut jika pesawat presiden hanya bersifat pemborosan.

"Jika presiden selalu menggunakan pesawat Garuda, biayanya justru jauh lebih mahal, dan juga bisa mengacaukan jadwal penerbangan Garuda sendiri," ucap SBY di tulisannya "Dari Duka Kita Bangkit, 10 Tahun Tsunami Aceh dan Nias".

Dirinya pun mengakui jika hadirnya pesawat itu lahir dari sebuah inisiasi yang panjang. Sebab, harus menunggu kemampuan ekonomi negara dan ketersediaan anggaran pemerintah yang mumpuni. Belum lagi harus menghadapi sikap pro dan kontra.

Ide pesawat kepresidenan sendiri dikatakannya "lahir" dari kesulitannya saat beraktivitas menggunakan pesawat non-kepresidenan yang sempat menyulitkannya untuk bergerak leluasa. Pengalamannya itu terjadi saat ia hendak menyambangi Aceh, dari Jayapura kala bencana tsunami terjadi.

Menurutnya, saat itu pesawat yang digunakannya harus singgah terlebih dahulu ke beberapa tempat sebelum akhirnya ke tujuan. Sebut saja Makassar dan kemudian Batam untuk pengisian bahan bakar.

Dengan kondisi tersebut, kata SBY, tentu saja dibutuhkan waktu tambahan sekira tiga-empat jam. Padahal, situasi saat itu mengharuskannya untuk tiba secepat mungkin di Aceh.

"Keadaan inilah yang waktu itu memunculkan gagasan saya bahwa seharusnya pesawat Presiden Indonesia bisa terbang ke manapun di wilayah Indonesia, maksimal delapan jam, tanpa harus melakukan refueling. Tetapi, pesawat yang saya maksud baru terwujud 10 tahun kemudian," tutur SBY. (viva)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...