22 July 2018

Rizal Ramli: Saya Salaman dan Berhubungan Baik dengan Pak JK. ''Presiden Jokowi Pahami dan Sayangi RR,'' kata Ray Rangkuti

KONFRONTASI- Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai, kritik yang dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli sudah tepat. Bahkan, Ray menduga Rizal telah diizinkan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengkritik sejumlah rencana pembangunan pemerintah di hadapan publik.

"Apa yang dipantik Rizal justru memancing pengetahuan kita yang terabaikan. Jangan-jangan Jokowi kasih kesempatan Rizal untuk ngomongin itu ke publik," ujar Ray dalam diskusi di Jakarta, Minggu (23/8/2015).

Rizal sebelumnya mengkritik rencana pembelian sejumlah pesawat baru maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Begitu juga dengan proyek pembuatan kereta cepat Jakarta-Bandung dan pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt. (Baca: "Gebrakan" Rizal Ramli, Garuda Didesak Batalkan Pembelian Airbus A350)

Menurut Ray, Jokowi mungkin sebenarnya tidak setuju dengan proyek tersebut dan membiarkan Rizal menyuarakannya ke publik. (Baca: Rizal Ramli Tantang Wapres JK Diskusi Terbuka Bahas Kritikan Dirinya)

"Jangan-jangan Jokowi juga agak resah dengan tiga proyek ini makanya dikeluarkan dari lidah Rizal. Kalau dengar penjelasan ekonom kita, konten kritik Rizal mengandung kebenaran besar," kata Ray.

Ray mengatakan, kritik Rizal tidak akan membahayakan sebagai menteri baru di kabinet kerja. Justru, kata dia, apa yang dilakukan Rizal dipahami dan didukung penuh oleh Jokowi.

"Rizal kayaknya enggak akan dipecat, malah kelihatan makin disayang Jokowi," kata Ray.

Pihak Istana menyebut bahwa Presiden Jokowi sudah menegur Rizal melalui sambungan telepon dan meminta tidak mengumbar kritik di hadapan publik.

TOLAK KOMENTARI TJIPTA LESMANA

Menteri Koordinator Bidang Maritim Rizal Ramli menolak mengomentari pernyataan pengamat politik, Tjipta Lesmana, yang menyebut Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Rizal dicopot sebagai menteri. Menurut Rizal, dirinya tidak memiliki masalah dengan Kalla.

"Saya sih enggak ada respons. Jangan hal yang sederhana dibikin ribet, gitu aja kok ribet amat," kata Rizal di Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2015).

Rizal mengaku, tetap berhubungan baik dengan Kalla meski dirinya sempat melontarkan kritik keras terkait proyek pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt.

"Kalau ketemu (Kalla) saya salaman," ucapnya.

Pada Sabtu (22/8/2015), Tjipta Lesmana menyebut Wakil Presiden Jusuf Kalla mengancam akan mundur jika Presiden Joko Widodo tidak mencopot Rizal Ramli. (baca: "Kalla 'Cerai' dengan Jokowi jika Rizal Tak 'Dipecat'")

"JK mengancam (ke Jokowi) kalau Pak Rizal ini tidak 'dipecat', dia mau 'bercerai' (mundur)," ujar Tjipta.

Informasi yang diungkap Tjipta tersebut belum mendapat konfirmasi dari pihak Istana, baik Presiden maupun Wakil Presiden. Namun, Tjipta mengaku tidak heran jika memang informasi itu benar adanya. (baca: Luhut: Pak Rizal Baru Dilantik, Masih Lupa Jadi Menteri)

Kalla, sebut Tjipta, pasti tidak nyaman dengan komentar-komentar yang dilontarkan Rizal. Tindakan Kalla pun, lanjut Tjipta, disebutnya sebagai aksi panik.

Di sisi lain, Tjipta mendukung penuh gaya komunikasi Rizal meskipun mengundang kontroversi di tengah masyarakat.

JK sebelumnya mengaku telah menegur Rizal dalam sidang paripurna kabinet, Rabu (19/8/2015). Kalla mengingatkan Rizal untuk disiplin dan menjunjung etika pemerintahan

Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya mengaku telah menegur Rizal dalam sidang paripurna kabinet, Rabu (19/8/2015). Kalla mengingatkan Rizal untuk disiplin dan menjunjung etika pemerintahan. (baca: Wapres Mengaku Tegur Rizal Ramli dalam Sidang Paripurna Kabinet)

"Saya tadi sampaikan kepada dia bahwa menteri tidak boleh begitu di sidang kabinet. Saya kira semua orang marah (kepada Rizal)," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, persoalan Rizal dianggap sudah selesai oleh Presiden. Di dalam rapat kabinet pada Rabu (19/8/2015), Jokowi sudah menyatakan bahwa perbedaan pendapat setajam apa pun harus disampaikan di dalam ruang rapat dan tidak diungkap ke publik. (baca: Seskab: Persoalan Rizal Ramli Sudah Selesai) (KCM)

Category: 
Loading...