12 November 2019

Rizal Ramli di Unibraw Malang: Potensi Pariwisata Luar Biasa, Kita Harus Kreatif

KONFRONTASI- Tokoh nasional/Ekonom senior Rizal Ramli PhD  (RR) menuturkan, potensi Pariwisata untuk meningkatkan pendapatan sangatlah luar biasa, karena Indonesia  dikarunia alam yg indah, namun kita harus kreatif.  ’Dan manakala ada pembebasan tanah  kawasan wisata harus memberikan keuntungan berlipat bagi masyarakat sekitar,  Jangan ada monopoli orang perorang atau monopoli  investor utk menguasai tanah kawasan wisata itu , apalagi diberikan keistimewaan bagi pengusaha tunggal atau monopolis,’’ kata RR. dalam memberi kuliah umum di FE-Universitas Brawijaya Malang, Sabtu  (7/10/17)

‘’Maka kita  harus fokus destinasi  wisata yang harus kita garap, sebab banyak sekali. Cukup ditentukan beberapa  saja sebagai skala prioritas untuk dikembangkan,’’ kata RR, mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur  dan Menko Kemaritiman era Presiden Jokowi

Menurut RR, salah satu Danau Toba dijadikan Monaco of Asia dan Borobudur sebagai  wisata Religi. ‘’Namun kita harus kreatif mengemas event  yang melibatkan masyarakat sekelilingnya, dan memberikan keuntungan yang nyata bagi masyarakat sekitar,’’ tegas RR, jebolan ITB, Sophia University Tokyo, Jepang dan Boston University AS.

 ‘’Dan manakala ada pembebasan tanah harus memberikan keuntungan berlipat bagi masyarakat. Jangan ada monopoli orang perorang investor utk menguasai tanah apalagi diberikan keistimewaan bagi pengusaha tunggal atau monopolis,’’ tegas RR. (gg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...