17 October 2018

Rebut Kedaulatan Udara: Menteri Pertahanan Dukung Gagasan Menko Rizal Ramli

KONFRONTASI - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mendukung penuh gagasan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli untuk mengambil alih kedaulatan udara Indonesia di wilayah Kepulauan Natuna yang saat ini masih dipegang Singapura.

"Kita akan ambil alih. Kalau dulu kan alat mereka canggih, sekarang kita sudah canggih. Akan kita rebut dari Singapura dan Malaysia," kata Ryamizard kepada wartawan, Kamis (20/8).

Seruan Rizal Ramli untuk mengambil alih kedaulatan udara ini disampaikan saat ia baru saja dilantik menjadi Menko Maritim. Ini mengingat Menko Maritim membawahi Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Energi, Sumber Daya Alam, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata.

"Negara dan bangsa besar seperti Indonesia harus berdaulat penuh atas tanah, udara dan laut. Maka kita harus segera kuasai Sektor ABC (Kepulauan Natuna)," tegas Rizal

Seruan RR, begitu Rizal disapa, lantaran ia miris saat Presiden RI hendak berkunjung ke Batam, terlebih dahulu pesawat kepresidenan harus meminta ijin ke Air Traffic Control (ATC) Singapura. Padahal Batam adalah bagian dari wilayah Indonesia.

"Saya tidak akan lagi membiarkan wilayah udara NKRI dikendalikan asing. Kalau peralatan kita belum siap, segera benahi manajemen Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) yang lebih dikenal sebagai Air Nav Indonesia (Air Nav)," tandas mantan Menko Perekonomian era Gus Dur yang juga sesepuh aktivis mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...