Puluhan Peleton Polisi Mengaman Demo Buruh di Istana dan Balai Kota Hari Ini

KONFRONTASI - Puluhan ribu buruh akan menggelar aksi demo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat menuntut agar UMP di Jakarta direvisi dari Rp3,6 juta menjadi Rp3,9 juta. Adapun buruh yang menggelar demo itu diperkirakan 20 ribu orang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, polisi telah mempersiapkan belasan ribu personelnya untuk mengamankan aksi buruh. Aksi itu akan digelar di Istana Negara dan Balai Kota Jakarta dan dimulai sekitar pukul pukul 10.00 WIB.

Sedang titik kumpul massa buruh berada di Pulogadung, Jakarta Timur. Pengamanan itu dilakukan agar demo berlangsung aman dan tak mengganggu kegiatan masyarakat lainnya.

"Kesiapan pengamanan aksi buruh itu sasarannya di Istana, kami sudah buat rencana pengamanan. Kami siapkan 15 ribu lebih personel untuk pengamanan," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017).

Sementara itu, kata Argo, terkait rekayasa arus lalu lintas di lokasi demo bakal dilakukan secara situasional. Polisi pun sudah memiliki jalur-jalur pengalihan bila di sekitaran lokasi terjadi kemacetan akibat aksi demo tersebut.

"Kami siapkan juga pengamanan arus lalu lintas, hanya saja rekayasa lalin itu semuanya dilakukan secara situsional, bergantung perkembangan di lapangan" tuturnya.

Sementara itu, Ketua Harian KSPI Muhamad Rusdi menyebutkan, aksi tersebut diikuti 20 ribu buruh daru berbagai kawasan, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Cirebon. Sebagian besar peserta aksi melakukan longmarch dari Kerawang, Bekasi, dan Bogor sejak dinihari.

Aksi tersebut, tambahnya, menuntut pencabutan PP 78 tentang Upah Murah. Kedua, permintaan untuk revisi UMP DKI menjadi Rp3.917.000, dan ketiga, permintaan menurunkan harga listrik dan kebutuhan pokok. "Aksi itu akan kami lakukan ke Balai Kota dan Istana," katanya.(KONF/SIND0)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...