20 November 2019

Pasca Debat Capres, Rizal Ramli; Prabowo Berpihak pada Rakyat, Kedaulatan Pangan, Energi dan Ekonomi. Jokowi Tak Berubah, Strategi Lama yang Gagal

KONFRONTASI- Tokoh nasional Dr Rizal Ramli (RR) menyatakan, visi-misi Prabowo lebih jelas dan nyata untuk membangun kemandirian bangsa dan mewujudkan kedaulatan pangan, energi dan keuangan. Keberpihakan Prabowo kepada petani, nelayan dan rakyat sangat jelas, sedangkan Jokowi tidak ada perubahan strategi dan masih memakai praktik lama mekanisme pasar neoliberal  seperti impor pangan dan lainnya, yang hanya menguntungkan pemburu rente,

 RR, Menko Ekuin era Presiden Gus Dur,  mengungkapkan hal itu dalam dialog di TV ONE Senin malam dengan topik pasca debat pilpres. RR mengungkapkan, luar biasa banyaknya data Jokowi yang ngasal, ngawur dan manipulatif, dan  itu kita sayangkan. ''Mohon maaf, banyak data Pak Jokowi tidak benar dan ngawu, dan itu menyedihkan,'' ungkap RR.

RR menegaskan mendukung dan memihak kebijakan Prabowo menurunkan tarif listrik untuk golongan miskin 450 VA dan 900 VA yang selama ini tergerus daya belinya akibat kenaikan harga energi dan sembako. ‘’Daya beli golongan ini sangat terpukul dengan naiknya tarif listrik dan harga pangan,’’ katanya. Sehingga kalau Prabowo menurunkan tarif listrik untuk golongan ini maka daya beli mereka bisa terdongkrak dan ekonomi bisa tumbuh kembali.

Secara umum, kata Mantan Menko Kemaritiman itu, Jokowi sibuk mempertahankan dan mengampanyekan hal-hal yang telah dikerjakan. Hanya saja, selama 4 tahun terakhir, janji kampanye tentang kedaulatan pangan semakin jauh dari jangkauan dan makin sulit untuk dicapai dengan strategi lama yang Neoliberalis, dan tidak berpihak pada ekonomi rakyat.

Dengan kinerja seperti itu, Jokowi-Maruf nyaris tidak mungkin mencapai cita-cita kedaulatan pangan. Apalagi fokus terbesar hanya soal stabilitas harga. ‘’Saya melihat kebijakan impor akan tetap menjadi strategi penting dari pemerintahan Jokowi yang akan datang. Tidak ada perubahan strategi, kecuali mengulang praktek-praktek lama yang gagal,’’ kata RR.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...