Partai Baru Amien Rais Diprediksi Tarik Basis Massa Pendukung PAN

KONFRONTASI -    Wacana politikus senior Amien Rais membuat partai baru tengah dimatangkan. Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai partai baru bentukan Amien akan turut merebut massa dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu menyusul ketokohan dari Amien Rais selaku pendiri PAN, akan turut merebut masa dari PAN. Termasuk masa Muhammadiyah yang secara tak langsung menjadi basis masa kekuatan partai belogo matahari tersebut.

"Basis massanya akan sama dengan PAN. Yakni akar rumput suara Muhammadiyah, jadi akan terjadi rebutan basis massa nantinya, bila partai buatan pak Amien telah rampung," ujar Ujang saat dihubungi merdeka.com, Kamis (30/7).

Selain itu, Dia meyakini, kemungkinan ada banyak wajah baru dalam partai baru buatan Amien Rais yang saling dipadukan dengan para loyalisnya.

"Kemungkinan pengurusnya akan diisi dari dua kekuatan. Pertama, loyalis Amien yang ada di PAN, lalu ikut Amien ke partai baru. Kedua, kekuatan dari tokoh luar PAN. Nah wajah baru itu muncul biasanya dari tokoh dari luar PAN," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, potensi partai baru buatan Amien punya potensi besar merebut kekuatan masa PAN melalui loyalis Amien.

"Mungkin akan banyak yang mereka tarik, dari kader-kader loyalis Amien yang ada di PAN. Bisa kader-kader yang selama ini kecewa atau bisa disebut barisan sakit hati terhadap pengurusan yang sekarang," katanya.

Terlebih waktu yang masih lama dalam mempersiapkan partai baru, lanjut Syarwi, menjadi peluangan yang bagus bagi Amien Rais. Termasuk potensi untuk menarik basis PAN dari kader Muhammadiyah.

"Waktu masih lama, bisa saja sejumalah kader Muhammadiyah tertarik ke partai baru. Tetapi semua itu tergantung dari keseriusan dan daya tawarnya serius atau tidak. Jadi ya bisa saja ketarik masanya," tuturnya.


Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, mengungkapkan pihaknya telah mengirim tim ke daerah-daerah untuk merekrut anggota. "Jadi yang tim daerah itu tugasnya merekrut sebanyak mungkin komponen masyarakat yang memang se-ide dengan kita yang mana melihat perkembangan persoalan politik Tanah Air ini sudah tidak bisa menjawab persoalan yang ada di masyarakat kita," kata Agung.

Dia menambahkan, hampir tiap hari pihaknya terus melakukan konsolidasi dengan pihak di daerah-daerah melalui virtual. Agung pun mengaku banyak tokoh yang mau bergabung dengan Amien Rais di partai baru.

"Kalau tokoh itu banyak sekali, tapi lagi lagi kalau saya sebutkan satu persatu ya kami tidak ingin menyebut (nama) lebih awal ya, yang ada nanti pada saatnya mereka akan deklarasi bersama kita pada saat yang tepat," tuturnya.

Eks Ketua DPP PAN itu melanjutkan, untuk nama partai baru Amien masih dalam pembahasan. Logo partai juga sedang dipersiapkan.

"Mars lagu juga kita sedang susun. Terus terang memang orang orang yang berada sama Pak Amien saat ini adalah orang orang yang memang secara ideologis satu pikiran dan meyakini bahwa suatu saat kita akan menjadi pemenang di dalam perjuangan politik ini," ungkapnya.

Agung menuturkan, tekad Amien sudah bulat untuk membentuk partai baru. Menurutnya, partai-partai politik yang ada saat ini sudah tidak bisa lagi diharapkan mewakili kepentingan masyarakat. Sebab, sebagian besar parpol sekarang sudah menjadi bagian dari rezim kekuasaan atau sudah di kooptasi oleh kekuasaan.

"Termasuk Partai Amanat Nasional, jadi kita udah bulat membentuk (partai baru) itu," ujarnya. (Jft/mdk)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...