Mantan Komisioner KPK Sebut Kecurangan Pemilu Terungkap Pelan-pelan : Andai Bawaslu Punya Malu

KONFRONTASI -  Putusan yang diungkap Bawaslu kepada KPU itu diapresiasi oleh Bambang Widjojanto.

Menurutnya, Bawaslu akhirnya menjawab keraguan publik terkait dengan kecurangan terhadap situng KPU.

Tak hanya itu, Bambang Widjojanto juga menyebut bahwa putusan Bawaslu itu juga menepis anggapan kecurangan di Pemilu adalah hoax.

"Bawaslu mencoba menjawab keraguan banyak orang soal situng. Karena sebenarnya putusan yang baru diputuskan Bawaslu kemarin itu mengindikasikan bahwa dugaan kecurangan yang selama ini mengemuka itu bukan hoax.

Kenapa bukan hoax ? Ini mungkin tanda-tanda awal bahwa betul telah terjadi kesalahan, kalau pakai istilah di sini itu 'terbukti secara sah dan meyakinkan terjadi kesalahan yang melanggar tata cara dan prosedur dalam input data indormasi perhitungan suara'," pungkas Bambang Widjojanto dalam tayangan channel Youtube Macan Idealis edisi Jumat (17/5/2019).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar doa bersama di ruang rapat lantai 4 Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin Nomor 14, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019). (Tribunnews.com/ Danang Triatmojo)

Lebih lanjut, Bambang Widjojanto pun memaparkan bahwa indikasi kecurangan yang selama ini diserukan publik akhirnya terungkap.

"Jadi dengan begitu sebenarnya, riuh rendahnya publik, pernyataan publik ada kecurangan, indikasi awalnya sekarang sudah mulai terungkap. Ternyata ada problem bahwa kesalahan tata cara prosedur dalam input itu terjadi," kata Bambang Widjojanto.

 

Tak hanya mengapresiasi, Bambang Widjojanto juga mengkritisi putusan Bawaslu terhadap KPU.

Menurut Bambang Widjojanto, putusan Bawaslu itu memuat pernyataan yang tidak dijelaskan lebih lanjut.

Hal itu menurut Bambang Widjojanto adalah sebuah problem dari putusan Bawaslu.(Jft/Tribun)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...