21 June 2018

Ini Komentar Sri Mulyani soal Kemenangan Donald Trump

KONFRONTASI-Donald J. Trump telah dipastikan sebagai Presiden Terpilih Amerika Serikat terbaru. Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan apapun kebijakan yang dilakukan di bawah kepemimpinan Trump akan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian dunia.

"Apakah kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan oleh presiden terpilih akan memperbaiki confidence, tentu akan sangat mempengaruhi keseluruhan pertumbuhan ekonomi dunia," ujar Sri Mulyani, Kamis, (10/11/2016).

"Dari berbagai statement yang sudah dibuat tentu dari kebijakan perdagangan dan investasi apakah itu berhubungan dengan proteksionsime kebijakan investasi yang fokus ke dalam negeri," tutur Menteri Keuangan.

Sri Mulyani juga akan melihat apakah dari sisi kebijakan-kebijakan fiskal pemerintahan Trump akan berdampak kepada pertumbuhan Amerika yang pada hari ini merupakan satu-satunya ekonomi di negara maju yang sebetulnya pertumbuhannya paling sehat.

"Kemudian hubungan perdagangan antara Amerika Serikat dengan Meksiko, atau dengan Eropa dan terutama dengan RRT itu tentu akan mempengaruhi suatu dinamika secara global. Kita juga akan melihat hubungan presiden terpilih dengan otoritas moneter di sana yang juga akan menciptakan suatu dinamika dari sisi kepastian arah kebijakan dari Bank Central Amerika ke depan," tambahnya.(WS/okez)

Category: 
Loading...