22 September 2018

Di Tanjung Jabung Barat, Jambi, Rizal Ramli Jelaskan Growth Story untuk Hadapi Bonus Demografi

KONFRONTASI-Di hadapan peserta dialog kebangsaan yang mengambil tema "Tantangan Pembangunan Ekonomi Indonesia" yang diselenggarskan oleh DPD KNPI Tanjung Jabung Barat, Jambi (20 Desember 2017), Dr. Rizal Ramli mengungkapkan bahwa bonus demografi yang akan terjadi justru akan menjadi beban jika kita tidak sanggup menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. 

Bagaimana cara untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi sehingga bisa mengejar ketertinggakan Indonesia dari negara2 di Asia?

Rizal Ramli berbagi pengalamannya ketika menjabat sebagai menko perekonomian era presiden Gus Dur. Ketika itu, Rizal Ramli mengambil pilihan strategi inovatif melalui growth story. Rizal Ramli yang dikenal sebagai tokoh pembela konstitusi tersebut tidak ingin memilih strategy pengetatan (austerity) ala Bank Dunia yang bisa membuat ekonomi Indonesia paska krisis 1997/1998 akan semakin anjlok.

Hasilnya, ekonomi era Pemerintahan Gus Dur bisa tumbuh dari minus 3 % menjadi plus 4,5%. Melalui strategy growth strory yang dilakukan oleh pemerintahan Gus Dur, Indonesia berhasil menurunkan utang dan menurunkan indeks gini, yang artinya menciptakan pemerataan.

Menjawab pertanyaan audiens, kenapa lebih banyak anak muda tak tertarik bekerja di sektor pertanian? Dr. Rizal Ramli mengungkapkan bahwa memang tak aneh jika banyak yang akhirnya enggan bertahan di sektor pertanian. Kabulog era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini memberikan contoh kenapa pertanian Indonesia kalah dengan negara-negara di Asia Timur, Korea, Taiwan dll ? 

"Karena negara2 di seperti itu menerapkan kebijakan pricing policy (kebijakan harga) terhadap sebagian produk pangannya. Sehingga ketika musim panen tiba, petani tidak akan berhadapan dengan penurunan harga yang membuat petani rugi," ungkap Rizal yang saat menjadi Kabulog berhasil memangkas rekening liar (dana off budget), praktek pungli & perjalanan dinas hingga 40%.

Melalui berbagai langkah inovatif yang telah teruji dalam pengalaman Rizal Ramli, ketua DPD KNPI Tanjung Jabung Barat, Syufra Yogi Syaiful berharap agar ke depan Dr. Rizal Ramli tak lelah berjuang untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Kami berharap Dr. Rizal Ramli nanti bisa memimpin Indonesia menjadi lebih sejahtera", pungkas Yogi.

Sementara dari temoat yang terpisah, kedatangan Dr. Rizal Ramli ke Tanjung Jabung Barat, Jambi, ternyata memperoleh apresiasi dari Ustad Ilham Abadi (Ponpes Gontor) yang beberapa waktu lalu bertemu dengan Dr Rizal Ramli di Gontor.

Ustad Ilham Abadi yang merupakan putra kelahiran Tanjung Jabung Barat, Jambi tersebut, mengaku menyesal karena lebih duluan balik ke Gontor, Ponorogo. Sehingga tidak bisa menemani perjalanan Dr. Rizal Ramli ke Jambi.

"Wah, itu kampung saya. Sayang saya tidak bisa menemani Dr. Rizal Ramli di Jambi. Beliau ini adalah salah satu contoh pimpinan yang kita tunggu sekarang, yang merakyat dan memperjuangkan kepentingan rakyat sesuai amanat Konstitusi" kata Ustad Ilham Abadi

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...