21 July 2019

Whatsapp Uji Fitur Baru untuk Deteksi Foto Hoax

KONFRONTASI-WhatsApp disebut tengah menguji sebuah fitur baru untuk mengidentifikasi foto hoax. Seperti apa fiturnya?

Informasi ini ditemukan oleh WABetaInfo, yang menemukan fitur bernama 'search by image' dalam pembaruan WhatsApp 2.19.73. Dalam fitur ini, pengguna bisa langsung mengunggah foto yang diterima lewat WhatsApp ke Google untuk mencari foto yang serupa.

Dengan fitur ini, diharapkan pengguna bisa menilai apakah foto tersebut asli atau tergolong sebuah hoax, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Kamis (14/3/2019).

Perlu diingat, fitur ini saat ini belum tersedia untuk publik, dan belum ada informasi resmi apakah fitur ini nantinya akan tersedia untuk publik. Namun yang jelas, fitur baru ini tentu akan menjadi tambahan penting bagi WhatsApp untuk memerangi penyebaran hoax lewat platform pengiriman pesannya itu.

Sebelumnya WhatsApp memang sudah menambahkan fitur-fitur untuk memerangi penyebaran informasi palsu ini. Contohnya adalah membatasi foward pesan maksimal lima kali di platform yang dimiliki oleh Facebook tersebut.

Sebelum ada pembatasan foward pesan ini, WhatsApp pun sudah melakukan perubahan terhadap sistem foward pesan di platformnya. Yaitu pesan yang merupakan hasil foward akan diberi tanda khusus agar mudah dikenali.[mr/dtk]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...