WhatsApp Resmi Rilis Mode Gelap, Begini Cara Pakainya

Konfrontasi - Aplikasi pesan instan WhatsApp akhirnya merilis fitur mode gelap atau dark mode secara global. Fitur ini sudah tersedia untuk Android maupun iOS. Mengutip situs Firstpost, Rabu, 4 Maret 2020, mode gelap akan memberi pengalaman baru dengan tampilan yang lebih segar.

Fitur tersebut juga akan mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan minim cahaya. Mode gelap atau dark mode di WhatsApp ini bukan hanya berasal dari warna hitam murni.

Saat uji coba dilakukan, platform milik Facebook itu menyatukan warna hitam dan putih bisa menyebabkan mata lelah, sehingga fitur ini menyatukan warna abu-abu gelap khusus serta putih tulang untuk lebih ramah pada mata.

WhatsApp juga sudah menguji coba fitur ini dalam versi beta di Android selama satu tahun terakhir, lalu diikuti dengan pengetesan berikutnya untuk iOS. Dalam postingan blognya, WhatsApp mengaku jika uji coba tersebut dilakukan untuk bisa membaca dalam keadaan cahaya kurang.

Penggunaan warna digunakan dengan yang sudah digunakan perangkat, termasuk untuk identifikasi informasi penting. Fitur ini bisa didapatkan pengguna WhatsApp harus memperbarui versi aplikasi mereka.

Untuk pengguna Android 10 maupun iOS 13 bisa mengaktifkannya melalui pengaturan perangkat. Pada pengguna Android 9 dan versi sebelumnya bisa mengaktifkan mode ini dengan masuk ke pengaturan WhatsApp lalu klik Chat. Setelah itu masuk ke Tema dan pilih 'Gelap'.

WhatsApp jadi aplikasi berikutnya yang memiliki mode gelap. Sebelumnya Youtube telah beralih ke dark mode pada 2018 dan Facebook Messenger yang sudah dapat pembaruan pada April 2019. (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...