5 April 2020

Wah Indonesia, Arsitek RS Corona di Wuhan Alumni SD dan SMP di Jember

KONFRONTASI -  

Arsitek RS Huoshenshan yakni rumah sakit khusus untuk menangani wabah virus corona di Wuhan, Cina, adalah Huang Xiqiu yang merupakan salah satu alumnus Chung Hua School di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Memang benar Huang Xiqiu pernah sekolah Chung Hua School atau disebut Chung Hua Xie Xiao sebelum saya menjadi guru di sana," kata salah satu guru Chung Hua School, Iwan Natawidjaja saat ditemui di Kabupaten Jember, Kamis.

Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan, Cina, Provinsi Hubei, telah diresmikan pada 3 Februari. Rumah sakit itu pun telah menerima pasien virus corona untuk menjalani perawatan. RS Huoshenshan dibangun dalam hitungan hari, yakni 10 hari, yang memiliki sejumlah fasilitas medis lengkap dengan 1.000 tempat tidur.

Desain rumah sakit itu dibuat oleh Wuhan CITIC Design Institute and Constructed yang merupakan bagian dari perusahaan konstruksi Tiongkok, China Construction Third Engineeing Bureau Co.Ltd.

Namun dibalik kesuksesan pembangunan rumah sakit khusus virus corona itu ada tangan dingin arsitek yang mendesainnya yakni Huang Xiqiu yang lahir di Indonesia dan sempat mengenyam pendidikan SD dan SMP di Chung Hua School Jember. Bahkan orang tuanya juga tinggal di Jember hingga meninggal dunia.(Jft/Tempo)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...