Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget, Pengamat: Dimulai dari Orangtua

Konfrontasi - Gadget sekarang tidak hanya digunakan orang dewasa tapi juga anak-anak. Penggunaan tersebut menyebabkan kekhawatiran terhadap dampak negatif dari pemakaian berlebih pada anak.

Pengamat gadget Lucky Sebastian, mengatakan, tips agar anak tidak kecanduan gadget dimulai dari orangtuanya. Karena anak-anak akan mengikuti pola kebiasaan orangtua.

“Jika orangtua melarang tapi juga terus menatap gadget, pelarangan ini cenderung tidak akan berhasil. Jadi pertama orangtua harus memberikan contoh sesuai yang dianjurkannya," kata Lucky melalui pesan singkat, Sabtu (21/11/2020).

Orangtua harus lebih banyak bicara tatap muka secara langsung dengan anak, bertukar pikiran, dan membatasi waktu penggunaan gadget yang dilaksanakan betul-betul.

"Misal hanya boleh menggunakan smartphone selama 1 jam setelah selesai mengerjakan tugas sekolah, setelah makan, sesudah itu berangkat tidur,” katanya.

Selain itu, tetapkan area bebas gadget, di mana semua anggota keluarga tidak boleh menggunakan gadget. Sebagai contoh, saat makan bersama di ruang makan dan jangan dilanggar.

Kemudian, perbanyak aktivitas di luar rumah yang melibatkan anak, seperti bermain di halaman, berjalan-jalan, menugaskan anak membawa jalan-jalan binatang peliharaan, atau berlibur bersama saat akhir pekan keluar rumah tanpa anak membawa gadget.

Gunakan juga aplikasi yang dikembangkan untuk orang tua memantau berapa lama anak menggunakan gadget dan melakukan apa saja dengan gadgetnya. "Ini bisa secara dini untuk orang tua mengarahkan anak menggunakan gadgetnya lebih berhati-hati,” ujarnya. (inw/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...