8 December 2019

Ternyata Masih Ada Mercy Tua Berusia 84 Tahun di Indonesia

KONFRONTASI-Usia mungkin boleh tua, tetapi penampilan tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi mesin dan bodi masih terjaga orisinalitasnya.

Seperti jejeran mobil yang ikut tampil dalam gelaran Concours d'Elegance akhir pekan kemarin. Ada salah satu mobil tertua mejeng di pelataran Hotel Four Season, yakni Mercedes-Benz B170 Convertible lansiran tahun 1935 atau umurnya saat ini 84 tahun.

Dengan kelir berwarna biru, lampu membulat mobil dan lekukan body yang klasik dengan gaya dua pintu, membuat mobil ini masih terlihat meyakinkan. Didesain oleh Karl Benz, dalam catatan sejarahnya seperti kebanyakan model pertama Mercedes-Benz 170 V Adalah tampilan mobil mewah.

Mengingatkan pada garis-garis tubuh W15, 170 terus menjadi mobil terlaris. Disebutkan dalam keterangan fleksibilitasnya tak tertandingi saat krisis bahan bakar perang dunia kedua.

Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 1697 cc yang mampu memuntahkan tenaga 178 hp di 3.500 rpm dan torsi 431 Nm di 2.200 rpm.

Kendati tua, tentu penampilan tidak boleh diremehkan, Presiden Indonesia Classic Cars Owners Club (ICCOC), Stanly Atmadja mengatakan mobil-mobil yang mejeng di Concours d'Elegance ini masih terjaga orisinalitasnya, mulus, dan sangat vintage. Mobil-mobil ini merupakan milik anggota ICCOC yang jumlah anggotanya hanya 20 orang.

"Pertama supaya para pemilik mobil klasik bisa melihat bahwa menjadi indah seperti ini dan bagus. Kalau dirawat dan direstorasi dengan baik," tutur Stanly.(mr/dtk)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...