12 November 2019

Tanaman Juga Perlu 'Minum' Kopi, Apa Manfaatnya?

Konfrontasi - Dengan mengkonsumsi makanan yang berbeda sesuai keinginan pastinya akan lebih menyegarkan, dan ternyata hal yang sama juga berlaku untuk tanaman. Seperti dilansir Thekitchn, ada manfaat yang terbukti ampuh untuk melembabkan tanaman kesayangan anda, yaitu dengan memberikannya kopi.

Mungkin masih banyak yang bertanya, kenapa harus menyirami tanaman dengan kopi?

Bagi pecinta kafein, secangkir kopi merupakan kenikmatan tersendiri. Namun nyatanya memberikan tanaman hijau anda dengan satu atau dua siraman kopi, juga sangat diperlukan.

Ada beberapa alasan sebetulnya untuk melakukan itu pada tanaman hijau, satu, kopi encer diketahui merupakan pupuk yang bagus untuk tanaman tertentu. Kopi encer juga manjur untuk mengusir hama seperti siput dan juga menarik bagi cacing tanah.

Air kopi yang dapat merembes lebih dalam pada kontur tanah juga bisa membantu untuk memberikan oksigen dan bakteri aerob ke akar tanaman melalui rongga terowongannya.

Hal tersebut berbeda dengan menggunakan metode kopi bubuk, penting untuk dicatat bahwa hanya tanaman tertentu yang bisa berinteraksi dengan baik terhadap serbuk kopi segar, di mana hal tersebut juga nyatanya bisa meningkatkan keasaman tanah. Banyak tanaman yang termasuk, tetapi tidak terbatas bagi azalea, blueberry, hydrangea, dan lili, seperti dikutip dari GardeningKnowHow.

Jadi untuk memastikan tanaman kesayangan bisa tumbuh dengan segar di tanah yang asam, perlu untuk menyiapkan segenggam bubuk kopi segar ke dalam pot. Jika tidak, larutkan bubuk sebelumnya untuk memberikan kesan pH yang hampir netral yang berfungsi sebagai pencegah dari keasaman tanah.

Seperti yang dilaporkan oleh Bustle, nitrogen, magnesium dan kalium dalam kopi juga membantu membunuh gulma dan mampu menunjang pertumbuhan tanaman yang sehat. Dan jika memang dirasa perlu untuk meninggalkan tanaman kesayangan, coba gunakan kopi tersebut untuk tetap menjaga tanaman agar tetap berkembang. (rol/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...