Suzuki akan Produksi Jimny di Negeri Bollywood

KONFRONTASI-Suzuki Motor berencana menjadikan India sebagai pusat produksi eksklusif untuk Suzuki Jimny varian lima pintu.

Melansir Times Now News, bila sesuai rencana produsen mobil asal Jepang ini kemungkinan akan mengimpor komponen dan merakit varian Sport Utility Vehicle atau SUV tiga pintu di pabrik Maruti Suzuki di Gurgaon.

Meski prosesnya akan memakan waktu, Suzuki Motor berencana untuk mengembangkan Jimny dalam dua varian, yaitu tiga pintu dan lima pintu. Namun belum dapat diketahui secara pasti apakah varian 5-doors itu bakal menggunakan mesin serupa varian tiga pintu yang sekarang berada di pasaran.

Yang jelas, keduanya akan menggunakan komponen yang sebagian besar dirakit secara lokal di India mulai 2022 - 2023.

Saat ini Suzuki Motor memproduksi 50.000-55.000 unit Jimny setiap tahun di seluruh Jepang. Setelah unit India mulai diproduksi, volume diharapkan dapat melonjak tiga kali lipat.

Dipilihnya pabrik di Negeri Bollywood tadi tidak terlepas dari kemampuan ekspor yang dihasilkan selama ini. Managing Director Maruti Suzuki, Kenichi Ayukawa, ingin meningkatkan pangsa ekspornya dari 7 persen menjadi 20 persen dengan kehadiran model baru ini.

Dan di sisi lain, dengan penunjukan pembuatan Suzuki Jimny di India, maka rencana Suzuki Indonesia untuk memproduksi mobil ikonik ini di Cikarang, Jawa Barat, sepertinya semakin sulit terwujud.(mr/suar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...