Sayangi Smartphone, Jangan Pernah Klik Situs Ini

Konfrontasi - Jagat internet awal minggu ini diramaikan peredaran sebuah tautan (link) yang bisa membuat crash peramban pada smartphone.

Begitu link bernama “crashsafari.com” itu dibuka, kolom alamat di peramban akan dipenuhi ribuan karakter secara terus menerus.

Setelah lebih kurang 20 detik, browser Safari di iPhone dan Chrome di Android pun bisa gagal berfungsi, sementara ponsel yang bersangkutan menjadi panas dan pelan.

Seperti dikutip Nextren, Rabu (27/1/2016), komputer desktop dan laptop pun bisa terdampak, tergantung besarnya memori dan alokasi prosesor yang tersedia.

Crashsafari.com sendiri diduga memang berisi script untuk memunculkan string karakter yang jumlahnya semakin lama semakin banyak sehingga tak mampu ditangani browser.

Beberapa pengguna media sosial iseng meyebarkan link ini yang disamarkan dengan URL shortener. Salah satunya bahkan telah di-klik sebanyak lebih dari 100 ribu kali. 

Apakah ada cara mengatasinya? Sebenarnya gampang saja. Cukup lakukan reboot, dan perangkat pun akan kembali normal. (nxtrn/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA