Samsung Exynos 2100 Diyakini Ungguli Snapdragon 875, Ini Alasannya!

KONFRONTASI,Samsung baru-baru ini meluncurkan chipset Exynos 1080. Ini adalah SoC pertama raksasa Korea Selatan yang didasarkan pada proses 5nm dan di atas kertas terlihat bagus untuk chip kelas menengah ke atas.

Hasil benchmark yang bocor menunjukkan bahwa chipset tersebut lebih sakti dibanding Qualcomm Snapdragon 865. Pertanyaan sebenarnya, apakah silikon smartphone high-end Samsung mendatang, Exynos 2100, akan mengungguli Snapdragon 875? Dan tampaknya jawabannya adalah ya.

Hal itu diungkap pembocor industri seluler ternama, Ice Universe. Dia cukup yakin Exynos 2100 akan mengalahkan Snapdragon 875.

Biasanya ponsel andalan Samsung varian Amerika dan China ditenagai oleh chip buatan Qualcomm. Sedangkan pasar lainnya, termasuk Eropa dan Timur Tengah mendapatkankan SoC Exynos buatan Samsung.

Smartphone berprosesor Snapdragon biasanya dianggap lebih kuat. Itu mungkin alasan mengapa Samsung memutuskan untuk memilih desain Arm daripada CPU kustomnya.

Exynos 2100 dan Snapdragon 875 diharapkan memiliki konfigurasi inti yang sama, dan bahkan jika chip Samsung gagal mengungguli Snapdragon 875, hampir dapat dipastikan bahwa perbedaan antara keduanya tidak akan mencolok seperti sebelumnya.

Untuk rekap, ungkap Giz China, kedua chip kemungkinan akan menampilkan satu inti Arm Cortex-X1, tiga inti Cortex-A78, dan empat inti Cortex-A55. 

Exynos 2100 kemungkinan memiliki GPU Mali-G78, sedangkan Snapdragon 875 bisa saja menampilkan GPU Adreno 660. Meskipun performa grafis seharusnya sebanding, Qualcomm kemungkinan besar tetap memimpin di departemen ini.(mr/snd)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...