4 April 2020

NASA Rilis Video Ilustrasi Gerhana Matahari yang akan Lintasi Indonesia

KONFRONTASI-Video pendek yang menjelaskan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi di Indonesia dirilis Badan Antariksa asal Amerika Serikat, NASA, pada 7 Maret 2016. Video berdurasi 32 detik itu ditonton lebih dari 8.000 pengakses YouTube.

Video animasi memperlihatkan bagaimana Bulan bergerak menghalangi cahaya Matahari, sehingga membuatnya menjadi gelap. Diperlihatkan pula lintasan inti bayangan gerhana Matahari dari Sumatera, Kalimantan Selatan, hingga Sulawesi Utara.

Fase gerhana terlama terjadi di Pulau Maba, Halmahera Utara. Total fase total terjadi selama 3 menit 17 detik dan dimulai pukul 9.50 WIT.

Fenomena gerhana matahari total yang terjadi pada 9 Maret dianggap spesial oleh sebagian besar masyarakat internasional, tak terkecuali NASA. Aecara khusus, NASA membawa empat penelitinya dalam ekspedisi yang akan digelar Lembaga Penerbangan dan Antariksa Indonesia (LAPAN).

Menurut peneliti NASA Nelson Reginald, Gerhana Matahari Total di Indonesia sangat spesial karena merupakan peristiwa langka. "Gerhana Matahari Total di Indonesia kebetulan terjadi saat pagi hari, hal ini turut membantu kita melihat korona secara lebih jelas," kata Nelson.[mr/okz]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...