20 June 2018

Mobil Ini Bisa Tempuh 177 Km dengan 1 Liter Bensin

Konfrontasi - Ajang lomba kendaraan irit energi Shell Eco-marathon Asia 2018 telah selesai digelar pada Minggu 11 Maret 2018 kemarin.

Dalam perlombaan yang menjadi bagian dari acara Festival Make The Future Asia itu, gelar pengemudi tercepat dan hemat energi di Asia diserahkan kepada tim Semar Urban dari Universitas Gadjah Mada.

Tempat kedua dan ketiga diduduki oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Team 2 dan Garuda Universitas Negeri Yogyakarta ECO TEAM.

Ketiga tim tersebut siap bersaing dengan tim-tim dari Amerika dan Eropa di acara puncak Drivers’ World Championship (DWC), yang akan digelar di London, Inggris pada Juli mendatang.

Menariknya, panitia memberi kesempatan pada jurnalis yang diundang, termasuk VIVA, untuk mencoba mengendarai mobil irit energi yang dibuat oleh Fior Concept.

Mobil yang berbentuk layaknya kapsul ini memiliki panjang tiga meter dan lebar satu meter. Tingginya hanya 0,7 meter dan bobot 70 kilogram.

Mobil dibuat seringan dan selangsing mungkin, agar mampu efisien dalam hal pemakaian bahan bakar. Sebagai penggeraknya, digunakan mesin serbaguna Honda GX160, yang memakai satu silinder dan berkapasitas 163 cc.

Tenaga yang dihasilkan mesin hanya 4,8 daya kuda dan torsi maksimal 10,3 Newton meter. Daya mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi satu percepatan.

Uniknya, mobil ini secara teori mampu menempuh jarak 177 kilometer hanya dengan satu liter bensin. Sayangnya, saat dikendarai VIVA, konsumsi bensin tercatat 45 km per liter. (vv/mg)

Category: 
Loading...