Mitos atau Faktakah? Berbahaya Minum Air Putih Setelah Makan

KONFRONTASI -  Waktu paling tepat untuk minum air putih sebagai pendamping makan, sebetulnya masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan. Ada banyak pendapat kontras tentang pengaruh air putih bagi tubuh jika diminum sebelum, saat, dan sesudah makan.

1. Minum air putih sebelum makan

Minum Air Putih Setelah Makan Justru Bahaya, Mitos atau Fakta?adventureh.wordpress.com

Ahli gizi klinis asal India, Piya Karkera, mengatakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengendalikan nafsu makan penderita obesitas adalah minum air putih sebelum makan. Dengan begitu, perut akan jadi lebih cepat kenyang dan keinginan makan dapat ditekan.

Pendapat lain dikemukaan Anju Sood, dokter sekaligus nutrisionis asal Amerika Serikat. Ia mengatakan, butuh waktu selama dua jam agar makanan dalam perut bisa benar-benar dicerna, dan minum air putih tepat sebelum makan bisa mempengaruhinya.

Kata dia, ada proporsi cairan tertentu dalam sistem lambung kita. Selain mengganggu komponen cairan, mengonsumsi air sebelum makan akan membuat makanan masuk usus besar lebih cepat dari seharusnya. Makanya tidak disarankan minum air sebelum makan.

2. Minum air putih sesudah makan

Minum Air Putih Setelah Makan Justru Bahaya, Mitos atau Fakta?ckphu.com

Minum air putih di sela atau usai makan bisa memperburuk gastroesophageal reflux disease (GERD) alias naiknya asam lambung. Hal ini bisa menyebabkan kembung, perut tak nyaman, dan gangguan pencernaan. Itulah yang dijelaskan Claire Martin, nutrisionis asal California, Amerika Serikat.

Asam hidroklorida yang ada dalam lambung berperan memecah makanan yang kita konsumsi. Air putih yang masuk ke dalam perut bersamaan dengan makanan bisa mengubah tingkat keasaman lambung dan memperlambat pencernaan. 

Dalam sistem pencernaan, makanan yang masuk akan dihancurkan, lalu dipecah kandungannya. Nutrisi penting akan diserap tubuh secara optimal, sedangkan sisanya dibuang.  Jadi kalau makanan tidak dicerna dengan baik, hal ini akan mempengaruhi keseluruhan fungsi pencernaan.

3. Air putih tetap penting diminum ketika makan

Minum Air Putih Setelah Makan Justru Bahaya, Mitos atau Fakta?maxpixel.freegreatpicture.com

Meski demikian, minum air putih tetap sangat penting untuk kelangsungan pencernaan. Air bisa melicinkan jalan makanan menuju usus, sehingga tak terjadi sembelit.

Namun, Claire Martin menyarankan untuk minum segelas air putih 30 menit sebelum atau sesudah makan, untuk menghindari gejala tak nyaman pada perut.

Hal serupa juga dikatakan oleh Anju Sood. Ia menyebutkan akan lebih aman kalau air putih dikonsumsi sekitar 30 menit sebelum makan.

Kalau kamu terbiasa minum air putih sebelum atau sesudah makan nih? Apa yang kamu rasakan? Cerita di kolom komentar ya!.(Jft/IDNTIMES)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...