17 October 2018

Laporkan, Jika Facebook Salahgunakan Data Pengguna

KONFRONTASI-Kasus penyalahgunaan data penggua Facebook yang dilakukan Cambridge Analytica (CA), rupanya tak berdampak pada pengguna Facebook di Indonesia. 

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyampaikan bahwa perwakilan Facebook Irlandia belum lama ini mengirimkan surat kepadanya. Yang menyatakan bahwa tidak ada data pelanggan Facebook di Indonesia yang terdampak CA. 

"Saya lupa hari apa, tapi baru baru ini perwakilan Facebook mengirim saya surat yang berisi kalau tidak ada pelanggan Indonesia yang datanya terdampak oleh Cambridge Analytica," ujar Rudiantara di sela acara Halal Bihalal, Jumat (20/7/2018). 

Terkait pernyataan Facebook tersebut, Rudiantara mengaku tak bisa memastikan apa pernyataan ini benar atau tidak. 
 

 



Karenanya, beliau menghimbau kepada masyarakat yang merasa pernah mengunduh aplikasi test personality buatan CA di platform Facebook dan datanya disalahgunakan agar melapor ke Kemkominfo. 

"Saya menghimbau bagi warga Indonesia  yang merasa datanya digunakan dengan tidak benar  oleh Facebook melalui aplikasi Cambridge tolong kasih tau kami." lanjutnya. 

Ditempat yang sama, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, berdasarkan hasil audit internal yang dilakukan oleh Facebook, jumlah data pengguna yang disalahgunakan CA sebanyak 30 juta, bukan 87 juta seperti yang banyak dikabarkan. 

"Dari hasil audit internal mereka, hanya ada 30 juta data pengguna Facebook yang disalahgunakan dan semuanya itu ada di Amerika. Tidak ada satupun data pengguna Facebook diluar yang terkena dampak, begitu juga dengan Indonesia." kata Samuel.(mr/snd)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...