22 November 2019

Jepang Perpanjang Daftar Negara Boikot Produk Huawei

Konfrontasi - Setelah Amerika Serikat, Australia, sampai Selandia Baru, kabarnya giliran Jepang akan memberlakukan larangan membeli perangkat telekomunikasi buatan Huawei serta ZTE, khususnya untuk kalangan pemerintah. 

Dikutip dari Japan Today, Sabtu (8/12/2018), perusahaan asal China seperti Huawei makin mendapat pengawasan ketat. Perusahaan ini dicurigai kepanjangan pemerintah China dan mungkin dimanfaatkan untuk memata-matai. 

Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru telah memblokir Huawei sehingga tak dapat ikut serta dalam membangun jaringan 5G. Meskipun Huawei sudah berulangkali membantah tidak dipengaruhi oleh pemerintah China. 

Laporan bahwa Jepang akan ikut memblokir Huawei diberitakan media Yomiuri. Sumber internal menyatakan pemerintah Jepang akan merevisi aturan pengadaan barang. 

Nama Huawei atau ZTE memang tak disebut secara spesifik. Tapi dipastikan aturan itu ditujukan untuk memperkuat keamanan siber dalam negeri. 

"Keamanan cyber telah menjadi isu penting di Jepang. Kami akan melakukan langkah yang tegas dengan melihat berbagai perspektif," kata juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga. 

Baik ZTE dan Huawei belum berkomentar soal kabar ini. Huawei khususnya, adalah pemasok perangkat telekomunikasi untuk operator besar Jepang seperti KDDI dan NTT DoCoMo. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...