15 November 2019

Ilmuwan Tanam Tumbuhan di Mars

KONFRONTASI- Sekarang kita tidak perlu mengkhawatirkan makanan akan habis saat pergi Mars. Sebaliknya kita bisa membuat makanan sendiri disana, karena Ilmuwan Belanda telah berhasil menumbuhkan tanaman seperti sayuran dan sereal ditanah yang mirip seperti di Mars yang telah aman untuk dimakan.

Dikutip dari laman Digital Trends, Sabtu 25 Juni 2016, memang hal tersebut tidak dilakukan tanah Mars langsung. Namun tanah yang digunakan mengandung unsur yang sama dengan tanah yang ada di planet merah itu.

Dan para Ilmuwan tidak hanya mampu menumbuhkan satu jenis tanaman saja, tapi mereka juga mampu menumbuhkan banyak tanaman yang berlimpah seperti, lobak, kacang polong, gandum, dan tomat merupakan percobaan yang terbaru. “Semua tanaman tersebut tidak berisi zat yang berbahaya seperti logam berat,” menurut tim dari Universitas Wageningen di Belanda.

"Hasil yang luar biasa sangat menjanjikan. Kami benar-benar bisa makan lobak, kacang polong, gandum dan tomat, dan saya sangat ingin tahu seperti apa yang akan mereka rasakan," ujar ekolog tim tersebut.

Para ilmuwan telah mencoba untuk membuat pertanian di Mars sejak 2013, dan selama tiga tahun terakhir, telah menghasilkan 10 tanaman yang berbeda. Dan akan segera dilakukan tes pada enam tanaman lebih, termasuk kentang untuk menentukan kelangsungan hidup di Mars.

"Sangat penting untuk menguji tanaman sebanyak mungkin, untuk memastikan bahwa pemukiman di Mars memiliki akses ke berbagai macam sumber makanan yang berbeda," kata Wamelink.

NASA memiliki rencana ambisius untuk perjalanan ke Mars dalam dekade berikutnya. Karena jika telah sampai ke planet merah disana, mereka tak khawatir, karena telah memiliki beberapa produk makanan yang lezat.(Juft/PR Bdg)

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...