Horee... Facebook Kini Bisa Tampilkan Animasi GIF

KONFRONTASI-Facebook kini bisa menampilkan gambar animasi berformat GIF pada news feed miliknya. Format ini memungkinkan gambar bisa bergerak layaknya video.

Langkah ini merupakan yang terbaru dari Facebook. Sebelumnya, beberapa media sosial lain telah lebih dulu mengaplikasikan GIF ke dalam fitur mereka, seperti TWitter, Tumblr, Reddit, dan Buzzfeed.

GIF merupakan gambar grafik bergerak yang memadukan dua gambar berbeda. Sayangnya, cara yang diterapkan Facebook cukup berbeda dan sepertinya agak rumit.

Dilansir melalu Forbes, gambar animasi berformat GIF ini bisa dimasukkan dalam news feed dengan cara mengkopi link gambar GIF yang ingin dimasukkan, lalu menempelkannya pada kotak update status.

Pengguna tidak bisa mengunggah gambar GIF ke Facebook langsung dari komputer atau smartphone. Jika pengguna melakukan hal itu maka Facebook akan langsung mengubah gambar GIF tersebut menjadi gambar foto biasa.

Untuk mempermudah teman melihat postingan gambar GIF, pengguna tinggal melakukan pengaturan di News Feed. Apakah ingin diputar otomatis atau tidak. Pengaturan bisa dilakukan di menu Pengaturan - Video - Autoplay Video. Jika auto-pay dimatikan maka teman di Facebook hanya akan melihat lingkaran berwarna putih bertuliskan GIF di dalam gambar itu. Dengan menekan gambar maka gambar GIF akan bergerak.

"Kami kini resmi mendukung format GIF untuk membantu pengguna lebih mengekspresikan diri dengan cara yang baru di Facebook. Seperti halnya banyak fitur lain yang pernah kami luncurkan, kami hanya ingin memastikan jika fitur baru ini akan mendorong pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih mearik. Ke depan, Facebook Page juga akan bisa mendapatkan fitur yang sama," ujar pihak Facebook dalam keterangan resminya.[mr/viva]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...