Facebook Tinggalkan Bing dan Microsoft

Konfrontasi - Facebook menarik aplikasi Bing dari mesin pencari Microsoft. Facebook diyakini akan memakai mesinnya sendiri untuk mempermudah pengguna mencari komentar dan informasi posting lainnya.

Keputusan tersebut mungkin mencerminkan pentingnya peningkatan dalam situs teknologi mesin pencarian bagi Facebook yang selama ini didominasi oleh Google.

Pencarian di Facebook telah lama diarahkan untuk membantu pengguna terhubung dengan teman dan mencari informasi lain yang ada di dalam wall atau timeline 1,35 miliar pengguna layanan jejaring sosial tersebut. Namun, selama bertahun-tahun, hasil pencarian Facebook juga masuk ke situs yang disediakan oleh Bing.

"Saat ini kami tidak menunjukkan hasil pencarian web (Bing) di Facebook Search karena kami fokus membantu orang menemukan apa yang telah dibagikan kepada mereka di Facebook," kata juru bicara Facebook kepada Reuters.

"Kami masih memiliki kerjasama yang baik dengan Microsoft di banyak area yang berbeda." tambahnya.

Sedangkan Microsoft belum bersedia untuk memberikan komentar.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, telah menandai mesin pencarian sebagai salah satu inisiatif pertumbuhan utama perusahaan. Pada bulan Juli tercatat lebih dari 1 miliar permintaan pencarian yang terjadi di Facebook setiap harinya.

Hal ini mengisyaratkan bahwa informasi yang dibagikan pengguna Facebook dapat menggantikan kebutuhan pencarian web untuk jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tertentu.

"Ada lebih dari satu triliun posting, yang mana beberapa search engineers di tim mengingatkan saya bahwa hal ini lebih besar dari pada corpus web pencarian di luar sana," kata Zuckerberg pada konferensi dengan para analis di bulan Juli, seperti dikutip Reuters.

Microsoft Bing merupakan merupakan mesin pencarian web No.2 di AS, dengan pangsa pasar hampir 20 persen, menurut perusahaan riset comScore industri.

Facebook dan Microsoft memiliki hubungan yang sudah berjalan lama dengan investasi Microsoft sebesar 240 juta dolar di Facebook dan saham 1,6 persen di perusahaan di perusahaan tersebut pada Oktober 2007. Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Microsoft menyediakan iklan banner di situs Facebook di pasar internasional.

Facebook berhenti menggunakan iklan banner Microsoft pada 2010 dan bergerak untuk mengambil kontrol yang lebih luas dalam bisnis iklan. Namun Facebook, selama kurun waktu tersebut, memperluas penggunaan dari hasil pencarian Bing Microsoft untuk versi layanan internasionalnya

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...