19 November 2018

Facebook Siapkan AI untuk Deteksi Ujaran Kebencian

KONFRONTASI-Facebook dikabarkan tengah membuat mesin kecerdasan buatan (AI) untuk mengidentifikasi teks dalam gambar dan video.

AI tersebut diberi julukan Rosetta. Rosetta akan mengekstraksi teks dari 1 miliar gambar dan frame video per hari di Facebook dan Instagram.

Rosetta rupanya dibangun oleh Facebook untuk menjadi 'senjata' melawan konten ujaran kebencian atau komentar negatif lainnya.

Selain itu, Facebook meletakkannya ke tujuan yang jauh lebih besar, seperti mencari tahu apa yang menarik untuk dimasukkan ke dalam News Feed Anda dan mencari tahu meme mana yang hanya meme konyol dan meme mana yang berisi propaganda atau konten-konten yang tidak senonoh.

"Ekstraksi teks dan pembelajaran mesin sedang digunakan untuk secara otomatis mengidentifikasi konten yang melanggar kebijakan pidato-kebencian kami" tulis Facebook disitat laman The Verge, Rabu (12/9/2018)

Rosetta juga 'diajarkan' untuk bisa dalam berbagai bahasa. Sebelumnya Facebook mengunakan metode Optical Character Recognition (OCR), namun seiring meningkatnya pengguna di Facebook dan juga instagram sistem itu  tidak bisa menangani lagi, maka dibangunlah sistem baru Rosetta.[mr/snd]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...