18 July 2019

Eiits, Mobil Baru Nissan Saudara Xpander Bakal Lahir di Pabrik Mitsubishi Bekasi

KONFRONTASI -  Nissan Motor Company membeli 34 persen saham Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada tahun lalu. Dengan begitu ke depannya akan ada produk kolaborasi yang bakal dihadirkan, sama seperti saat Nissan berkolaborasi dengan Renault.

Efek kolaborasi dari Nissan dan Mitsubishi juga akan terealisasi di Indonesia. Nissan Motor Indonesia (NMI) berencana meluncurkan produk baru hasil kolaborasi tersebut.
BERITA REKOMENDASI

    Rekor! Gara-Gara Xpander, Mitsubishi Jual 6.374 Mobil di GIIAS 2017
    Mantap! Mitsubishi Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
    Sssttt... Mitsubishi Pertimbangkan Bikin Sedan Lagi, Pakai Platform Mobil Nissan

"Proyek pertama dalam waktu dekat, yang pasti kami akan ada produk kolaborasi Nissan dan Mitsubishi. Tidak dalam waktu yang lama. Produknya low multi purpose vehicle (MPV)," ujar General Manager Marketing Strategy and Product Planning NMI, Budi Nur Mukmin, di acara Nissan Datsun Intelligent Customer Day 2017, di Jakarta, Jumat 25 Agustus 2017 malam.

(Baca juga: Xpander 'Rasa' Nissan Kemungkinan Punya Beberapa Pilihan Mesin, Ini Penjelasannya)

Walaupun tidak menyebut secara spesifik soal waktu peluncurannya, Budi mengatakan bahwa setiap produk yang digarap secara bersama akan hadir dalam tempo yang singkat.

"Karena Nissan itu sudah berpengalaman dalam aliansi, jadi ketika kita meluncurkan produk enggak usah menunggu lama," tegas Budi.

Tidak hanya sebatas kolaborasi dalam hal produk, rencananya model baru Nissan itu juga bakal diproduksi di pabrik yang sama dengan Mitsubishi Xpander yakni di Bekasi, Jawa Barat. Namun berapa persen pembagiannya masih dalam tahap studi.

"Pakai pabrik Mitsubishi. Sudah ada pembicaraan. Sudah tahap advance lah," terang Budi.

Dengan adanya produk baru, Nissan tidak akan mengorbankan salah satu produk low MPV yang sudah dipasarkan saat ini, yakni Grand Livina. Mengingat setiap produk yang dihadirkan memiliki segmen dan target pasar berbeda.

"Enggak ada yang dikorbankan. Sebenarnya klasifikasi produk itu bisa dilihat dari banyak hal, yaitu harga, konsep produk, dan fitur. Jadi saya pikir kita belum ada di level bisa menyimpulkan bahwa akan ada yang dikorbankan," pungkas Budi.

(Baca juga: Soal Rencana Mitsubishi Bikin Sedan Pakai Platform Mobil Nissan, Ini Kata NMI)

Artinya, NMI akan memiliki dua produk di segmen yang sama yakni produk baru hasil kolaborasi dengan Mitsubishi dan Grand Livina. Namun yang jelas akan menambah ramai lagi pasar low MPV di Indonesia yang sudah diisi oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Wuling Confero S.(Jf/OK-Zone)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...