Benarkah Facebook Tumbang karena Serbuan "Kadal"?

Konfrontasi-Facebook, Instagram, dan tiga layanan internet lain sempat tumbang dan tidak dapat diakses layanannya pada Selasa (27/1/2015) siang.

Penyebab pasti tumbangnya layanan-layanan tersebut masih belum diketahui pasti, tetapi kelompok peretas Lizard Squad mengklaim bertanggung jawab.

"Facebook, Instagram, Tinder AIM, Hipchat #offline #LizardSquad," tulis akun @LizardMafia milik Lizard Squad di Twitter, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Mirror.

Serangan terhadap Facebook dan Instagram yang diduga didalangi peretas "kadal" ini kemungkinan menggunakan metode DDoS (distributed denial of service).

Selain kelima layanan di atas, Lizard Squad juga mengaku telah menumbangkan MySpace.

Gizmodo Pesan Lizard Squad di Twitter yang mengklaim bertanggung jawab atas tumbangnya Facebook, Instagram, dan sejumlah layanan online lainnya pada Selasa (27/1/2015)

Nama Lizard Squad sebelumnya mencuat ke permukaan setelah kelompok hacker anonim itu menumbangkan situs milik Sony dan Microsoft saat liburan Natal tahun 2014 lalu.

Setelahnya, beberapa hari lalu, Lizard Squad mengaku telah mengganti laman depan situs maskapai MalaysiaAirlines.com.

Apabila klaim kali ini benar adanya, maka Facebook bersama Instagram, AIM (America Online Instant Messenger), Tinder, Hipchat, dan MySpace merupakan korban terbaru grup peretas berlambang kadal tersebut.(W/kcm)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...