Begini Cara Memaksimalkan Potensi Smartphone Android

KONFRONTASI-Semakin banyak orang menggunakan ponsel pintar, tapi sebagian besar dari mereka tidak tahu bagaimana cara memaksimalkan potensi perangkat mobile yang sudah menjadi gaya hidup itu.

Bahkan, tidak sedikit pengguna Android yang terkejut dengan fitur-fitur baru yang bermunculan dengan cepat di handset mereka.

Untuk membantu pengguna Android, Google berbagi tips sederhana tentang cara memaksimalkan Android pada ponsel mereka, sebagaimana disampaikan dalam siaran pers yang diterima Antara News hari ini.

1. Jangan sampai kehabisan data

Jangan terjebak hingga kehabisan data. Ada pelacak data yang terpasang tetap di ponsel Android. Pilih menu Pengaturan dan kemudian klik Penggunaan Data. Pelacak data dapat disesuaikan untuk mencocokkan siklus penggunaan data Anda.

2. Bijaksanalah terhadap apa yang Anda sebarkan

Ketahui aplikasi apa saja di ponsel yang menggunakan informasi Anda. Jangan tunggu hingga telat mengetahui bahwa foto-foto dan musik pilihan Anda telah dibagikan kepada publik.

Pilih menu Pengaturan kemudian pilih Pengaturan Aplikasi. Pilih aplikasi tertentu, dan seharusnya aplikasi tersebut menampilkan daftar perizinan.

Pada versi Android yang lebih baru, Anda akan mendapatkan lebih banyak kontrol terhadap informasi apa saja yang dapat dibagikan di aplikasi Anda. Contohnya, Anda dapat membagikan foto Anda tetapi tidak membagikan lokasi Anda, atau sebaliknya.

3. Biarkan baterai Anda bertahan

Jika ponsel Anda memiliki mode hemat baterai, Anda bisa mengaktifkannya secara otomatis ketika mencapai persentase daya yang rendah (15 persen atau 5 persen biasanya menjadi pilihan untuk model yang lebih baru).

Trik sederhana ini dapat memberikan Anda ekstra 1 jam atau lebih dari daya aktif baterai ketika Anda tidak sedang membawa charger.

4. Ponsel Anda adalah Anda

Salah satu bagian paling keren sebagai pengguna Android adalah fakta bahwa Anda dapat benar-benar membuat ponsel Anda sendiri. Semua aplikasi Anda dapat diorganisir untuk memprioritaskan aplikasi yang paling sering Anda gunakan dengan app launcher.

5. OK Google!

Setelah Anda berada pada sistem operasi Android, Anda akan mendapatkan pengalaman terbaik dari layanan dan aplikasi Google.

Bagian terbaik adalah Anda sebenarnya tidak perlu melakukan apapun. Aplikasi-aplikasi utama seperti Gmail, Calendar, Foto dan lainnya seharusnya bekerja mulus pada perangkat Anda.

Jika itu belum cukup, “OK Google!” voice assistant membuat hidup jauh lebih mudah. Anda hanya perlu mengatakan “OK Google!" dan berbicara kepada ponsel Anda lewat mikrofon. Tentu ini sangat tepat bagi Anda yang sedang mengemudi!

6. Akses cepat ke Pengaturan

Ingin menghentikan ponsel Anda dari deringan saat rapat? Butuh senter saat keadaan darurat? Geser ke bawah layar ponsel Anda dan menu Pengaturan Cepat akan muncul.

7. Baca lebih baik & lebih cepat, lebih pintar

Android (Marshmallow) terbaru menawarkan sebuah fitur bernama Google Now on Tap. Hanya dengan mengetuk pada apapun yang Anda baca dan pencarian instan Google akan menyelesaikannya.

Jika Anda tidak memiliki Android terbaru, Anda tetap bisa melakukan pencarian frase yang dipilih di Chrome. Cukup pilih kata-kata yang ingin Anda cari dan jendela kecil akan muncul di bagian bawah layar ponsel.

Ketuk dan pencarian akan mulai secara instan! Jika fitur ini tampak mengganggu, non-aktifkan dengan pilih Pengaturan> Pribadi> Sentuh ke Pencarian.

8. Kendalikan pengaturan standar Anda

Telepon Anda akan sering menanyakan apakah Anda ingin sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjadi pengaturan standar Anda.

Seandainya tidak, jika Anda memiliki file PDF yang disukai, atau ingin menonton video di aplikasi YouTube dibanding menggunakan browser, Anda dapat mengubah aplikasi yang menangani fungsi ini secara otomatis.

Untuk mengubah standar, yang perlu Anda lakukan adalah pilih Pengaturan untuk aplikasi standar apapun dan klik “Hapus Standar”. Beberapa ponsel sebenarnya memiliki menu “Aplikasi Standar” untuk mendaftarkan semua standar di ponsel Anda yang membuat lebih simpel.

9. Singkirkan aplikasi yang tidak Anda gunakan

Seringkali ponsel sudah terisi dengan aplikasi yang mungkin tidak diinginkan oleh pengguna. Sebagian dari aplikasi tidak bisa dihapus, tetapi Anda bisa mencegahnya berada di ponsel Anda.

Kunjungi Pengaturan Aplikasi pada perangkat Android Anda dan ketuk aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

10. Bertindak seperti seorang developer

Android memungkinkan semua orang menjadi developer. Jika Anda ingin ponsel Anda berfungsi pada kecepatan yang lebih cepat, aktifkan opsi developer.

Untuk melakukan hal ini, kunjungi tab "tentang ponsel ini" dalam pengaturan. Anda akan diarahkan ke bagian yang disebut "Nomor". Ketuk 7 kali, dan Anda memiliki perangkat developer.

Sebuah bagian baru akan muncul di "Menu Tentang" yang disebut opsi Developer. Ada Beberapa bagian yang jika diubah bisa membantu mempercepat ponsel Anda di menu ini.

Jika Anda memilih untuk menurunkan "hiburan skala Window," "Skala Transisi Animasi" dan "Animator durasi skala" 5X atau lebih rendah, ini akan mempercepat ponsel Anda.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menggerakan transisi antara jendela dan aplikasi. Meski demikian, Anda selalu dapat mengembalikan ini ke pengaturan asli.[mr/ant]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA