Bagaimana Teknologi Mengubah Cara Kita Bepergian

Teknologi telah mengubah cara kita melakukan segala sesuatu menjadi lebih nyaman dan mudah. Dengan satu klik tombol, Anda bisa meminta mobil menjemput Anda atau makanan diantarkan langsung ke depan pintu rumah Anda. Hal ini juga berlaku ketika kita bepergian.

Saat ini kita bisa memanfaatkan peta online, sistem pemesanan penerbangan dan hotel, bahkan sesuatu yang mendasar seperti membaca informasi tentang traveling di blog dan situs web. Dengan smartphone dan koneksi internet, hampir tidak ada yang tidak bisa kita lakukan. Nah, berikut ini gambaran lebih jauh tentang cara teknologi mengubah cara kita bepergian.

 1.   Tidak takut kehabisan baterai

Teknologi telah mampu memasukkan sebagian besar fungsi dan peran ke dalam satu gadget kecil. Dengan smartphone saja, kita bisa mengambil foto dan video, mendengarkan musik, memeriksa peta, menemukan restoran terdekat, dan tetap update dengan media sosial.

Lalu, apa jadinya jika di perjalanan, smartphone Anda tidak berfungsi karena kehabisan baterai? Teknologi saat ini telah mampu memberikan solusi dengan powerbank. Dengan pengisi daya portable ini, Anda tidak perlu menunggu sampai Anda menemukan colokan listrik untuk mengisi ulang baterai ponsel Anda serta Anda juga dapat mendapatkan rekomendasi  powerbank terbaik dari artikel BestSpy

 2.   Lebih terjangkau dan hemat waktu

Saat ini kita bisa mencari dan membandingkan harga penerbangan tanpa harus pergi ke agen perjalanan. Dengan memeriksa situs web yang menunjukkan tarif dan jadwal penerbangan, kita bisa menemukan penawaran termurah. Beberapa maskapai juga sering menawarkan harga promo untuk calon penumpang yang mengunduh dan menggunakan aplikasi mereka.

Reservasi dan pemesanan online sangat menghemat waktu, karena Anda tidak perlu antre untuk mendapatkan tiket. Selain itu, dengan aplikasi antar jemput yang semakin populer, Anda juga memiliki akses ke transportasi alternatif sehingga tidak perlu menggunakan taksi yang memasang tarif tinggi.

 

 3.   Membantu merencanakan kegiatan

Internet juga memungkinkan kita merencanakan tujuan perjalanan dan apa saja kegiatan yang ingin kita lakukan selama berada di sana. Tak jarang, situs-situs perjalanan juga memberikan beberapa tips dan rekomendasi agar rencana Anda berjalan lancar.

Di situs web seperti Trip Advisor, Anda bahkan dapat membaca ulasan tentang tempat menginap, restoran, atau tempat wisata. Anda bisa langsung menemukan hal-hal unik dan menyenangkan yang sesuai dengan gaya perjalanan Anda.

4.   Memudahkan Anda mengabadikan momen

Berkat teknologi, sekarang kita bisa dengan mudah mengabadikan kenangan dan menghidupkan kembali setiap momen ketika melihat kembali foto-foto perjalanan. Jangankan foto biasa di daratan, kita bahkan bisa mendapatkan foto yang bagus ketika sedang snorkling atau terbang dengan paralayang.

Belum lagi teknologi canggih seperti drone yang bisa mengambil foto maupun video dengan angle yang tidak bisa dilakukan dengan kamera biasa. Selain itu, teknologi membuat kita tidak perlu lagi meminta bantuan orang lain untuk mengambil foto ketika kita sedang bepergian sendirian. Hasilnya pun tak kalah bagusnya.

5.   Tetap terhubung dengan orang lain saat bepergian

Selama bepergian, Anda tentu ingin tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman. Teknologi telah membuat semuanya sangat mudah. Tak hanya sekadar menelepon atau mengirim pesan singkat. Anda pun bisa memasang status, membagikan cerita, foto dan video tentang perjalanan Anda di media sosial.

Selain menghubungi orang-orang tercinta di rumah, Anda juga bisa menghubungi teman-teman Anda di daerah atau negara tujuan. Anda bisa membuat janji untuk bertemu dengan mereka, bahkan merencanakan kegiatan bersama. Melalui situs web seperti Couchsurfing atau Meetup, Anda juga dapat terhubung dengan wisatawan lain dan penduduk lokal di suatu tempat.

 

6.   Mengatasi hambatan bahasa

Saat Anda bepergian ke tempat asing dan tidak tahu bahasanya, tentu akan lebih sulit menanyakan sesuatu, memesan menu makanan, atau membaca petunjuk di jalan. Apalagi jika hurufnya pun tidak Anda pahami. Saat ini, yang Anda butuhkan hanyalah smartphone dengan dukungan aplikasi seperti Google Translate atau iTranslate untuk mengatasi masalah ini.

Aplikasi itu bahkan memungkinkan Anda menggunakan kamera smartphone untuk menerjemahkan tanda atau petunjuk secara real-time. Selain itu, beberapa aplikasi lain memungkinkan Anda mempelajari bahasa baru atau meningkatkan bahasa yang sudah Anda ketahui. Semuanya tanpa biaya untuk membayar kursus.

 

7.   Pembayaran elektronik

Pembayaran elektronik membuat perjalanan lebih aman dan mudah. Anda tidak perlu membawa-bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Ini tentu memudahkan, apalagi jika Anda berada di negeri asing.

Anda tak perlu repot-repot mencari money changer atau ATM terdekat untuk mendapatkan mata uang setempat. Di samping itu, cara ini juga lebih aman karena Anda tak perlu khawatir uang tunai yang Anda bawa akan dicopet orang atau kartu kredit Anda dibobol orang.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...