19 June 2018

Apple 'Wearable Camera' Bakal Saingi GoPro 'Action Camera'

KONFRONTASI- Apple Inc. mendaftarkan paten untuk kamera yang dapat dikenakan (wearable camera) dan  mungkin akan menjadi saingan action camera buatan GoPro Inc.

Paten yang diajukan kepada U.S. Patents dan Trademark Office tersebut di antaranya berupa rincian tentang sistem kamera yang dapat dipasang pada helm sepeda atau masker selam.

Saham GoPro, yang kameranya dapat dipasang pada helm, papan surfing, sepeda dan kalung anjing, turun sebanyak 15 persen.

Sistem kamera yang baru saja dipatenkan Apple tersebut juga dapat digunakan untuk mengambil gambar dan merekam suara di bawah air.

Potensi masuknya iPhone ke pasar action camera juga dapat menekan perusahaan swasta Polaroid, yang membuat kamera Cube kecil dan berwarna-warni.

Analis JMP Securities Alex Gauna mengatakan terlalu dini untuk menganggap bahwa Apple akan segera meluncurkan wearable camera.

"Menurut saya meluncurkan aksesori action camera bukan hal logis yang dilakukan Apple untuk dikejar saat ini," kata Gauna.

Apple menolak untuk berkomentar, sementara GoPro tidak bersedia untuk memberikan komentar.

"Dengan Apple membuat action camera, hal tersebut akan berdampak pada GoPro dan dampaknya akan menurunkan penjualan, namun jumlahnya tidak nol," kata analis Wedbush Securities Michael Pachter.

Video yang diambil dengan menggunakan kamera GoPro telah menciptakan keramaian di internet dan menarik jutaan views di Youtube.

Peraih medali emas Olimpiade snow boarder Shaun White dan peraih 11 kali juara dunia surfer Kelly Slater adalah beberapa nama atlet terkenal yang di-endorse kamera tersebut.

Sebelumnya, blog kekayaan intelektual Apple melaporkan paten Apple yang diajukan pada tahun 2012 tersebut menggabungkan beberapa kekayaan intelektual dari Kodak yang diakuisisi pada November 2013.[mr/ant]
 

Category: 
Loading...