Apple Lecehkan Ponsel Flagship Android

KONFRONTASI-Selain mahal, Apple memang terkenal jumawa alias sombong. Dalam program trade-in yang diaktifkan selama beberapa waktu melalui website resminya di China, Apple membanderol sangat rendah ponsel-ponsel flagship berbasis Android.

“Tukarkan perangkat yang memenuhi syarat Anda dengan kredit untuk pembelian berikutnya, atau dapatkan Kartu Hadiah Toko Apple yang dapat Anda gunakan kapan saja. Jika perangkat Anda tidak memenuhi syarat untuk kredit, kami akan mendaur ulangnya secara gratis. Tidak peduli model atau kondisinya, kami dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang baik untuk Anda dan baik untuk planet ini,” kata Apple berpromosi dalam website-nya yang dilansir Giz China.

Harga Ponsel Android Sangat Rendah

Namun melihat kredit untuk beberapa handphone Android, jelas ini adalah sikap melecehkan. Menurut laporan, saat Anda ingin membeli iPhone, jika Anda memilih opsi untuk menukar smartphone, sejumlah model Android telah ada didaftar. Model yang masuk syarat tukar-tambah, di antaranya Huawei P30, P30 Pro, Oppo R11, R11s, dan sebagainya.

Untuk Huawei P30/P30 Pro, pemiliknya hanya mendapatkan "modal" Rp412.000 untuk ditukar dengan iPhone baru. Sementara Oppo R11/R11s mendapatkan nilai tukar yang lebih baik, Rp712.000.

Harga tukarnya tampak tidak masuk akal. Sebagian besar ponsel Android ini nilainya jauh dari yang dihargai oleh Apple dalam program tukar-tambahnya. Hanya Huawei Mate 20 Pro yang dihargai lebih tinggi, yakni Rp2,3 juta.

Lucunya, Apple menghargai tinggi ponsel bekasnya. Sebagai perbandingan, iPhone XS Max memiliki nilai tukar Rp7,6 juta dan iPhone XS senilai Rp7,2 juta. Bahkan iPhone 6s mendapatkan harga tukar Rp824.000.

Harga tukar untuk handphone Android sangat kontroversial. Hanya sedikit orang yang melihat ini sebagai kesepakatan yang layak diambil. Menurut beberapa analisis, perhitungan kredit Apple harus dihitung dari komponen yang dapat didaur ulang. Beberapa model ini datang dengan harga yang sangat rendah.[mr/snd]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA