25 June 2018

JK Siapkan Sofjan Djalil untuk Jadi Menko agar Bisa Di-‘Remote Control’?

Konfrontasi-Santer berkembang bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah mempersiapkan Sofjan Djalil untuk dijadikan Menteri Ekonomi. Padahal kompetensi dan kapabilitas Sofjan dinilai tidak cukup layak menempati posisi tersebut.

Pengamat politik Frans Abba menilai JK tidak peduli dengan kompetensi tersebut, yang terpenting sosok yang diusungnya loyal sehingga bisa dikendalikan dimanfaatkan untuk kepentingannya.

“Tidak peduli kompetensi, yang penting loyal pada JK sehingga bisa diremote control,” ungkap Frans.

Menurut Frans, walaupun JK mengaku tidak mau menjadi RI-1, tapi Wapres tersebut memiliki ambisi untuk mengontrol semuanya.

“Saya kira JK tetap ingin jadi ‘real presiden’ walaupun secara lisan mengatakan tidak,” papar Frans lebih lanjut.

Advonturisme JK ini, menurut Frans, bisa membahayakan Jokowi karena seolah-olah JK punya hak prerogatif untuk menentukan para menteri kabinet.

“Jokowi harus waspada atas manuver politik JK. Jangan sampai ada matahari kembar seperti era SBY-JK,” pungkasnya.

Sofjan sendiri tercatat pernah menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo, 2004-2007). Kemudian sempat menduduki jabatan Menteri BUMN menggantikan Sugiharto saat ada perombakan kabinet pada 2007.

Saat JK lengser dari wapres, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak lagi memilih Sofyan sebagai menteri. Meski begitu, Wapres Boediono tetap mempercayai tenaga Sofjan dan mengangkatnya sebagai salah satu staf ahlinya.

Menanggapi kabar dirinya masuk dalam bursa calon menteri di kabinet Joko Widodo-JK, Sofjan sempat mengaku siap dipilih.

“Itu sebuah kehormatan kalau ditawarin. Kalau melakukan untuk kebaikan negara, kenapa tidak. Kalau ditawarin. Itu kan yang paling tahu Pak Jokowi, kira-kira siapa yang terbaik menurut beliau,” kata Sofjan beberapa waktu lalu.

Selain Sofyan, nama yang masuk bursa calon menteri BUMN adalah Dahlan Iskan (saat ini Menteri BUMN). Kemudian Ignasius Jonan, Direktur Utama  PT Kereta Api Indonesia (Persero). 

Category: 
Loading...