26 September 2018

Wah, Donald Trump Ingin AS Punya Pasukan Luar Angkasa?

KONFRONTASI  -    Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump memperintahkan Pentagon membentuk 'pasukan luar angkasa' baru yang bakal menjadi cabang keenam militer AS. 

"AS akan terus menjadi yang pertama di luar angkasa. Kami tidak ingin China, Rusia, dan negara lain mendahulukan kami karena kami selalu di depan kami.

"AS akan memiliki pasukan luar angkasa dan fungsinya sama dengan pasukan lain," kata Trump seperti dilansir dari AFP.

Sementara itu, juru bicara Pentagon Dana White menginformasikan bahwa pihaknya akan menyelidiki masalah ini karena mempengaruhi operasi intelijen pasukan darat, udara, laut dan Udara.

Tentunya, masalah ini akan melibatkan berbagai masukan dari berbagai pemangku kepentingan.

Selain itu, menciptakan pasukan baru tidak bisa terjadi begitu saja karena perlu mendapatkan persetujuan Kongres.

Sejauh ini rincian pasukan luar angkasa masih harus diselesaikan.

Trump mulai mengekspresikan keinginan untuk terus mendominasi ruang sejak kampanye sebagai calon presiden.

Dia mengatakan upaya untuk mempertahankan negara tidak cukup hanya dengan kehadiran warga AS di ruang angkasa, tetapi sebaliknya harus tetap dominan di ruang angkasa.

Trump juga mengulangi janjinya mengirim astronot ke Bulan untuk pertama kalinya sejak 1972 di samping penemuan manusia ke Mars.

Sektor komersial luar angkasa AS semakin berkembang dengan Badan Administrasi Antariksa dan Aeronautika (NASA) beralih dari perannya sebagai peluncur roket ketika era Apollo (1961-1972) kepada pelopor utama eksplorasi ruang angkasa.(Jft/Snd0)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...